Mau bebas masalah finansial, maka wajib punya 3 jenis income ini

Membicarakan soal income kita tidak bisa berfokus hanya pada satu pemasukan saja. Karena jika pemasukan itu macet, maka kita tidak bisa memiliki backup lagi untuk mencukupi berbagai kebutuhan. Untuk itu kita perlu memiliki berbagai macam pemasukan. Agar tak terbelit berbagai masalah keuangan. Nah apa saja sih jenis income yang wajib kita miliki agar terhindar dari masalah finansial yang akan mengancam?

Active income

Active income atau pendapatan aktif merupakan pendapatan yang kita terima atas kerja kita sehari-hari. Atau pendapatan dari pekerjaan atau profesi kita. Pendapatan ini bisa berupa gaji bulanan, atau bisa juga berupa fee jika memang kita memiliki usaha dalam bentuk jasa atau yang lainnya. Bisa juga berupa keuntungan dari bisnis atau usaha yang kita jalankan.

atur keuangan
atur keuangan from instagram

Passive income

Passive income atau pendapatan yang sifatnya pasif ini dapat terdiri dari berbagai macam. Selain dari pendapatan aktif atau utama. Contoh pendapatan pasif misal kita punya kos-kosan lalu kita sewakan dari kos tersebut kita akan mendapatkan uang. Atau jika kita punya mobil lalu kita rentalkan untuk disewa orang. Maka kita akan mendapatkan fee dari sewa kendaraan ini. Selain itu, bisa juga dalam bentuk adsense yang merupakan cara gratis dan mudah agar dapat menghasilkan uang, dengan cara menampilkan iklan disela konten yang kita miliki, hal ini jika kita memang memiliki situs web sendiri.

Investing income

Pemasukan dalam bentuk investasi merupakan salah satu income yang harus kita miliki. Bahkan sejak dari kecil sudah diajari menabung dan menabung agar bisa beli apa yang kita mau, karena investing income ini merupakan salah satu aset yang dapat kita gunakan untuk menambah jumlah dana kita. Maupun juga bisa digunakan untuk backup dari dana darurat, jika dana darurat sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan kita yang sangat mendesak. Investing income ini dapat berupa dividen dari salah satu instrumen investasi saham yang kita miliki, atau bisa juga dalam bentuk capital gain (keuntungan modal) dari obligasi, saham ataupun properti lain, selain itu juga bisa dalam bentuk bunga dari hasil kita menabung selama ini.

Gimana ? apakah kalian sudah punya jenis income tersebut? Atau hanya active income saja? Yuk mulai lebarkan lagi income kita, agar tak terbelit akan masalah finansial!

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button