3 Jenis Rekening Yang Wajib Kamu Punyai!

Mengalokasikan pendapatan yang kita dapat ke beberapa rekening merupakan sebuah keharusan bagi setiap orang. Karena banyak dari kita yang justru merasa kesusahan untuk mengumpulkan uang karena hanya memiliki satu rekening utama saja. Dengan memiliki satu rekening utama tentu saja membuat kita tak bisa mengontrol pengeluaran. Sebab ketika kita memerlukan uang untuk berbagai jenis kebutuhan sumber uang kita ya hanya itu saja. Oleh karena itu minimal kita harus memiliki 3 jenis rekening ini agar keuangan juga bisa terkontrol dengan baik,

Rekening utama untuk kebutuhan hidup sehari-hari

Rekening utama ini merupakan rekening yang wajib dimiliki semua orang, karena rekening ini dapat kita pakai untuk membeli berbagai kebutuhan sehari-hari. Mulai dari bahan makanan pokok sehari-hari, biaya transportasi, ataupun kebutuhan pokok kita lainnya. Sehingga rekening utama ini dananya tak boleh tercampur dengan dana lain. Agar kita juga mudah untuk mengontrol pengeluaran, sehingga tak lebih dari pendapatan yang didapat.

Rekening dana darurat sebagai antisipasi jika suatu saat ada musibah

Di luar dari rekening utama kita juga perlu untuk memiliki rekening dana darurat. Rekening yang dapat kita gunakan jika sewaktu-waktu ada musibah yang tak kita duga. Meski semua orang tak menginginkan musibah itu menimpa dirinya, namun kita sebagai manusia biasa juga perlu untuk melakukan antisipasi diri kita sendiri dengan memiliki rekening untuk dana darurat ini.

Rekening investasi untuk mengembangkan aset

Ketika pendapatan yang kita dapat sudah dialokasikan ke rekening utama untuk kebutuhan pokok dan rekening dana darurat sebagai antisipasi musibah, maka kita juga bisa sisihkan sebagian pendapatan kita untuk rekening investasi. Entah itu berupa saham, obligasi, reksa dana, sukuk ritel, emas, logam mulia ataupun jenis investasi lainnya, jika kita ingin yang aman-aman saja lebih baik berinvestasi di logam mulia atau emas maupun reksadana, meskipun keuntungan yang didapat juga tak terlalu banyak.

Nah gimana nih dengan kalian? Apakah kalian juga sudah mengalokasikan pendapatan setiap bulan yang didapat minimal ketiga jenis rekening tersebut? Ataukah justru hanya dengan rekening utama saja? Yuk mulai pisahkan rekening pada masing-masing kebutuhan, agar lebih mudah juga kita mengaturnya, karena kalau hanya satu rekening saja kan pengeluaran jadi nggak ke kontrol dan justru malah kesulitan untuk mengaturnya kan!

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button