4 brand terkenal di dunia yang gagal ekspansi di Indonesia!

Negara Indonesia merupakan negara yang dikenal sebagai magnet bagi merek-merek internasional yang sedang melakukan ekspansi bisnis. Banyak brand-brand internasional terkenal yang meluaskan bisnisnya di Indonesia. Dari beberapa brand internasional tersebut, ada yang berhasil dan juga ada yang tidak berhasil. Lalu, brand terkenal dunia yang gagal ekspansi di Indonesia apa saja sih?

Berikut merupakan brand terkenal dunia yang gagal ekspansi di Indonesia:

Petronas

Siapa nih yang sempet kenal dengan perusahaan internasional yang terkenal bernama Petronas ini? Petronas adalah sebuah perusahaan Malaysia yang berfokus pada bahan bakar bensin. Awalnya, perusahaan Petronas ini cukup sukses di Indonesia, tetapi lama kelamaan omset dari Petronas ini berangsur turun dan akhirnya perusahaan tersebut tidak bisa menutupi biaya operasionalnya.

Turunnya omset dari perusahaan Petronas ini dikarenakan perusahaan tersebut kalah saing dengan perusahaan Pertamina, Shell dan Total. Akhirnya, Petronas pun tidak bisa mempertahankan perusahaan dan gulung tikar di tahun 2012.

Nando’s

Nando’s adalah brand terkenal perusahaan Afrika Selatan. Perusahaan ini berfokus pada bidang kuliner. Nando’s ini ternyata pernah melebarkan sayapnya di Indonesia di tahun 2000-an. Tetapi, Nando’s ini kejayaannya tidak berlangsung lama dikarenakan harganya yang cukup mahal dan kurangnya inovasi dari makanan tersebut.

Walmart

Walmart adalah sebuah ritel raksasa Amerika Serikat yang melakukan ekspansi di Indonesia di tahun 1990-an. Sayangnya, kesuksesan dari Walmart ini tidak bertahan lama dan akhirnya gulung tikar. Hal ini dikarenakan bahwa Walmart belum mampu menyesuaikan permintaan pasar Indonesia yang masyarakatnya tidak punya daya beli tinggi seperti di Amerika.

7-Eleven (7-11)

7-Eleven ini adalah toko waralaba yang terkenal dengan produk minuman slurpee. Di Indonesia, 7-Eleven ini adalah tempat nongkrong anak muda yang tempatnya menyediakan fasilitas WiFi gratis.

Toko waralaba ini sangat populer di kalangan anak muda. Tetapi, lama kelamaan bisnis ini berangsur padam, karena kebanyakan anak muda hanya membeli barang yang murah-murah saja dan memanfaatkan WiFi gratis sepuasnya. Jadi, hal ini lah yang membuat 7-Eleven gulung tikar.

Untuk tips bisnis inspiratif lainnya, silahkan follow  Bisnika. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button