4 Cara hasilkan uang dari barang tak terpakai yang ada di rumah

Jangan mengeluh lagi jika ada banyak barang tak terpakai yang menumpuk di rumah. Saatnya menjual barang-barang tersebut atau mengolahnya terlebih dahulu menjadi suatu barang kerajinan yang lebih baik.

Tentu saja kamu bisa menghasilkan uang dari sini meski orang-orang tahu barang tersebut bekas. Nah, berikut ini produk-produk dari barang bekas yang ada di rumah yang bisa kamu jual dan tentunya memiliki banyak peminat.

Jual pakaian bekas layak pakai

Thrift shop adalah toko barang bekas yang khusus menjual barang-barang bekas pakai. Termasuk produk fashion second seperti kaos, jaket, hingga celana.

Jika kamu punya banyak pakaian bekas branded yang tidak terpakai lagi namun masih dalam kondisi yang baik dan layak, maka sebaiknya kamu jual.

Tak disangka, meskipun pakaian bekas, jika merupakan barang branded atau impor yang sulit ditemukan, tetap menjadi incaran masyarakat, terutama remaja dan kaum milenial. Kamu tetap dapat memanfaatkan barang-barang tersebut menjadi uang dan menambah penghasilan.

Nick de Partee Foto: unsplash.com

Sepatu

Mungkin banyak dari kamu yang membeli sepatu, tetapi salah ukuran, entah terlalu besar atau kecil. Jika tidak kamu pakai karena kendala tersebut, kesempatanmu untuk menjualnya kembali selagi barang masih dalam kondisi yang baik.

Banyak orang yang akan tertarik karena mereka mendapatkan harga yang lebih murah dari harga sebenarnya dengan barang yang masih benar-benar mulus.

Novel atau buku-buku

Untuk menghargai karya penulis, orang-orang akan menghindari membeli buku bajakan. Maka, orang-orang akan cenderung mencari versi asli yang bekas.

Dengan kondisi kertas yang agak menguning sekalipun tidak akan menjadi masalah jika teks masih dapat dibaca dengan jelas dan sampul masih dalam kondisi baik, juga tanpa coretan di dalamnya.

Kamu bisa mulai memilah buku-buku yang sekiranya tidak kamu baca lagi seperti buku novel, buku pelajaran beberapa tahun lalu, dan buku non-fiksi lainya. Kamu bisa berikan plastik sampul buku untuk menunjukkan kondisi buku yang masih baik dan sedikit meningkatkan harga jualnya.

Kerajinan barang bekas

Jika barang-barang bekas tidak terlihat layak pakai, kamu bisa mengolahnya menjadi benda kerajinan. Contohnya seperti baju yang robek atau kain perca, kamu bisa merobeknya menjadi bagian-bagian kecil untuk dianyam dan dijadikan keset.

Botol bekas juga bisa dijadikan barang baru seperti vas bunga, kotak pensil, dan lainnya. Benda kerajinan justru memiliki nilai jual yang lebih tinggi karena memiliki bentuk yang lebih menarik dan kreatif.

Dari sekian banyak barang yang kamu miliki, pasti salah satunya ada di kategori tersebut. Mulailah untuk memilahnya, siapa tahu kamu bisa mendapatkan uang dari barang tersebut. (CTH)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button