4 ciri keuangan kamu nggak sehat, apa saja kira-kira?

Siapa nih yang disini baru sadar kalau pengelolaan keuangan itu sangat penting? Apalagi di tengah pandemi seperti ini. Kamu harus cerdas dalam mengatur keuangan agar pemasukan dan pengeluaranmu lebih tertata. Lalu, apa saja sih ciri yang bisa membuat tanda bahwa keuangan nggak sehat? Ada beberapa ciri yang menandakan bahwa keuanganmu sudah nggak sehat lagi, diantaranya:

Hutang konsumtif lebih dari 30%

Budayakan hidup dengan lifestyle yang tidak terlalu mewah. Dalam artian, sesuaikan lifesyle-mu dengan pendapatanmu sekarang. Jika kamu mempunyai pendapatan yang sedikit, maka janganlah kamu bergaya hidup tinggi dan membuatmu berhutang kepada orang lain.

Untuk itu, agar kehidupanmu lebih tentram, janganlah berhutang dengan tujuan untuk memenuhi hasrat dengan membeli barang-barang mewah. Tidak ada hutang, hidup jadi aman dan tidak ada beban. Bukankah begitu guys?

Tidak memiliki dana darurat

Seberapa penting sih memiliki dana darurat itu? Ternyata, dana darurat sangat penting dan wajib kamu miliki, guys! Dana darurat ini adalah dana yang kamu sisihkan guna memenuhi kebutuhan daruratmu. Dana darurat ini bisa kamu sebut dengan tabungan.

Dengan adanya dana darurat ini, hidupmu akan lebih terjamin. Dan jika suatu saat nanti kamu membutuhkan dana yang mendadak dan tidak terencana sebelumnya, kamu bisa menggunakan dana darurat ini untuk menunjang kebutuhanmu itu. Jadi, usahakan kamu punya dana darurat ya!

Hanya mengandalkan pemasukan dari satu sumber

Janganlah kamu mengandalkan pemasukan hanya dari satu sumber saja. Sebagai pejuang cuan, kamu harus mencari pekerjaan tambahan, misalnya seperti freelance. Dengan itu, kamu bisa mendapatkan dana tambahan yang bisa buat tambah-tambah untuk jajan atau membelanjakan kebutuhan lainnya.

Selain kamu menambah pekerjaan, kamu juga bisa menambah pendapatanmu melalui passive income, misalnya seperti investasi. Dengan adanya investasi ini, kamu hanya menyalurkan modal saja dan menunggu investasimu cuan.

Tidak disiplin dalam mengeluarkan uang sesuai dengan alokasi budget bulanan

Seringkali masyarakat dalam membelanjakan uangnya itu dibelanjakan dengan seenaknya sendiri tanpa memikirkan ke belakangnya seperti apa. Apalagi di saat terima gaji, mereka langsung belanja-belanja yang tidak penting dan hanya memenuhi hasrat saja. Dan di saat akhir bulan, mereka hanya menggigit jari dan hanya makan yang seadanya saja.

Untuk itu, kelolalah uangmu dengan bijak dan cermat agar antara pendapatan dan pengeluaran tidak gesek terlalu jauh.

Begitu ciri yang menandakan keuangan nggak sehat lagi. Jaga jangan sampai kejadian, ya, guys. Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button