4 Langkah merancang business plan jitu bagi pebisnis pemula

Seorang pebisnis yang ingin memulai usaha memerlukan beberapa hal yang harus dipersiapkan. Hal-hal yang perlu disiapkan itu masuk dalam rencana bisnis atau disebut dengan business plan.

business plan perlu dipikirkan matang-matang sehingga bisnis dapat berjalan dengan sukses. Berikut beberapa tips dan business plan yang harus diketahui untuk pebisnis pemula.

Baca juga: Elon Musk Jadi Tokoh Paling Inspiratif di Dunia Teknologi

Mantapkan ide usaha

Usaha seperti apa yang ingin kamu jalankan? Ketahui produk atau jasa yang ingin kamu jadikan usaha. Akan lebih baik jika kamu memiliki ide yang berbeda dari pengusaha yang lain sehingga produk atau jasamu menjadi lebih menarik di mata konsumen. Ketahui pula peluang suksesnya produk atau jasa yang kamu tawarkan di pasar.

Menyiapkan business plan atau rencana bisnis secara tim. Foto:  fauxels dari Pexels
Menyiapkan business plan atau rencana bisnis secara tim. Foto: fauxels dari Pexels

Tentukan target pasar

Pilihlah target pasar agar produk atau jasamu dijual pada konsumen secara tepat sasaran. Entah itu anak-anak, orang dewasa, remaja, lelaki atau perempuan. Jika kamu sudah menentukan target maka akan lebih mudah menjalankan bisnisnya.

Strategi pemasaran yang tepat

Terkait dengan kegiatan promosi untuk mengenalkan produk atau jasa yang ingin kamu jual, pilihlah cara yang tepat. Apakah secara online, melalui brosur, papan iklan, atau koran. Kegiatan promosi yang cepat untuk mendapatkan pelanggan, salah satunya adalah promosi secara online.

Saat ini teknologi semakin canggih dan hampir semua orang memanfaatkan ponsel untuk bersosialisasi jarak jauh. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan keadaan yang ada, bisnis dapat dilancarkan.

Bisnis bunga atau florist. Foto: Amina Filkins dari Pexels
Bisnis bunga atau florist. Foto: Amina Filkins dari Pexels

Berikan pula sesuatu yang dapat menarik pelanggan seperti diskon pada awal peluncuran usaha dan sebagainya. Tunjukkan keuntungan lainnya dalam produk atau jasa agar mampu menarik perhatian konsumen dan memiliki daya saing tinggi.

Kemudian, tentukan tempat untuk menjalankan bisnis tersebut. Lokasi perlu dipilih secara strategis supaya banyak orang tahu dan mudah mengenalinya. Setidaknya, pilih lokasi yang nyaman sehingga pembeli senang untuk berkunjung.

Hitung keuntungan dan analisis

Dalam menjalankan bisnis, perlu melakukan analisis apakah bisnismu berkembang dengan baik atau tidak, apakah ada kemajuan atau tidak, dan apakah perlu membuat inovasi atau tidak.

Kamu juga harus melihat kepuasan konsumen untuk melihat kemajuan bisnis yang kamu jalankan.

Kunci sukses berbisnis adalah rajin promosi, memberi pelayanan yang maksimal bagi konsumen, dan menganalisis berbagai keuntungan dan kerugian yang dialami. Pemula maupun bukan, seorang pebisnis harus teliti dalam mengamati peluang yang berpengaruh dalam operasi bisnis. Nah, sudah siap berbisnis? (CTH)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button