5 Kriteria kemasan produk yang menggugah minat konsumen

Dalam membeli suatu produk, seorang konsumen tidak hanya memandangnya dari segi harga ataupun dari segi rasa/kualitas produk saja. Konsumen juga memandang kriteria kemasan produk sebelum mereka membeli produk, apakah kemasannya praktis/mudah dibawa, apakah kemasannya mempunyai desain yang bagus, ataukah yang lainnya. Dengan adanya kemasan produk yang mempunyai ciri khas tersendiri ini nantinya akan memunculkan minat pembelian oleh konsumen ataupun yang lainnya.

Seperti yang sudah diketahui bahwa pelanggan merupakan raja. Jadi, sebagai seorang penjual, kamu harus memberikan pelayanan kepada pelanggan sebaik mungkin. Pelayanan yang baik ini salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas kemasan produk yang kamu jual. Nah, dengan kamu mempunyai kemasan yang menarik di setiap produkmu, maka hal ini akan menjadi awal pemasaran dari produk yang kamu jual. Lalu, kriteria kemasan produk yang menggugah minat konsumen untuk membeli produkmu itu seperti apa sih?

Ada beberapa kriteria/ciri dari kemasan produk yang menarik pelanggan, diantaranya:

Memiliki desain yang menarik

Dalam hal ini, kemasan harus memiliki desain yang menarik. Jadi, haruslah kamu memilih gambar dan tulisan yang menarik. Selain itu, kamu harus pandai dalam memainkan warna yang kamu gunakan dalam membuat kemasan produkmu.

Kemasannya praktis

Sebisa mungkin, buatlah kemasan yang praktis. Praktis dalam hal ini berarti kemasan yang memudahkan konsumen dalam membawa produk, membuka produk ataupun yang lainnya.

Terdapat informasi penting terkait produk

Jika produk ini berupa makanan, minuman, make-up ataupun yang lainnya, sertakan komposisi produk dan tanggal expayed dari produkmu. Informasi produk ini juga bisa berupa tempat/kota pembuatan produk tersebut.

Buatlah kemasan yang mempunyai ciri khas tertentu

Maksudnya, kamu harus membuat kemasan produk yang menarik dan mempunyai ciri khas tertentu (mempunyai nilai beda dari produk lain). Buatlah desain kemasan yang mudah diingat oleh konsumen.

Terdapat logo halal dan terjamin keamanannya

Apabila produk yang kamu jual itu berupa makanan, kamu harus menyertakan logo kehalalan dari makanan tersebut. Dan jikalau produk yang kamu jual itu berupa produk-produk kecantikan, maka kamu harus menyertakan standar BPOM. Dengan itu, konsumen akan merasa aman dan mempunyai minat beli akan produk yang kamu jual.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button