5 perusahaan terbesar di Indonesia

Perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar menjadi pendongkrak ekonomi suatu negara terutama pada perdagangan Bursa. Perusahaan besar juga diyakini memiliki kinerja yang baik sekaligus investor dapat mempercayakan modalnya pada perusahaan besar tersebut. Selain itu Perusahaan besar dikenal memiliki banyak aset daripada kewajiban. Berikut beberapa perusahaan terbesar di Indonesia.

5 perusahaan terbesar di Indonesia

Perusahaan terbesar di Indonesia. Foto: Pinterest

Gudang Garam Tbk

Perusahaan pertama yaitu Gudang Garam Tbk. Perusahaan dengan kapitalisasi pasar sebesar 105,87 triliun rupiah bergerak sebagai produsen rokok kretek terkemuka yang identik dengan Indonesia yang merupakan salah satu sentra utama perdagangan rempah di dunia. Dengan total penduduk sekitar 266 juta jiwa, Indonesia merupakan pasar konsumen yang besar dan beragam dengan presentase perokok dewasa yang signifikan yakni 66 persen laki – laki dewasa di Indonesia diperkirakan adalah perokok.

Gudang garam listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 27 Agustus 1990 dengan harga Initial Public Offering (IPO) sebesar 10,250 per lembar saham. Harga saham per 29 September 2021 mencapai angka 31,325 per lembar saham meski sempat mengalami penurunan.

Bank Central Asia

Perusahaan dengan total aset mencapai 870 triliun rupiah juga masuk dalam jajaran perusahaan terbesar di Indonesia. PT. Bank Central Asia Tbk bergerak dalam bidang usaha bank konvensional. BBCA listing di Bursa Efek Indonesia pertama kali dengan harga 1,400 per lembar saham dengan harga per 29 September 2021 mencapai 32,800 per lembar saham.

Investor jangka panjang sangat menyukai saham BBCA, hal ini dikarenakan perusahaan memiliki kinerja yang baik didukung dengan finansial yang stabil. BBCA juga rutin membagikan dividen bagi para investornya.

Bank Rakyat Indonesia

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk merupakan BUMN yang bergerak di bdang usaha perbankan dengan fokus di segmen usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.BBRI memiliki aset sebesar 1.288,20 triliun rupiah yang membawanya masuk dalam perusahaan terbesar di Indonesia. BBRI listing di BEI pada 10 November 2003 dengan harga saham sebesar 875 per lembar saham.

Harga per 29 September 2021 mencapai 3,720 per lembar saham. Disisi lain, BBRI merupakan jenis saham yang cocok digunakan untuk berinvestasi jangka panjang terlebih dana yang kamu hasilkan bisa dibilang tidak terlalu banyak.

Bank Mandiri

Perusahaan terbesar keempat yaitu Bank Mandiri Tbk, dimana merupakan perusahaan BUMN yang melakukan usaha di bidang perbankan. BMRI memiliki aset sebesar 1,235,63 triliun rupiah.BMRI melakukan listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 14 Juli 2003 dengan harga IPO sebesar 655 per lembar saham.

TLKM

Perusahaan terakhir yaitu PT. Telkom Indonesia Tbk. TLKM merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi. TLKM memiliki aset sebesar 412 triliun rupiah. Disisi lain TLKM merupakan jenis saham syariah dan memiliki performa keuangan yang sangat stabil.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button