Alasan PNS menjadi pekerjaan impian, banyak jaminan hingga hari tua!

Mungkin jika kamu tinggal di desa kamu akan mengetahui seberapa besar orang terobsesi untuk bekerja sebagai PNS. PNS dianggap sebagai puncak tertinggi pekerjaan masyarakat, berwibawa, dan menarik bagi setiap mertua. Tapi apa sih alasan PNS menjadi pekerjaan impian banyak orang?

Meski kini tren pekerjaan impian generasi millenial sudah bergeser, nyatanya keluarga tetap berusaha untuk memprioritaskan anaknya menjadi PNS. Wajar saja sih, ternyata PNS mendapatkan banyak keuntungan dan lebih unggul dalam beberapa hal dibandingkan dengan pekerjaan lainnya.

Tidak ada PHK bagi PNS

Dibandingkan bekerja di kantor, PNS jauh lebih aman karena akan terhindar dari PHK. Coba kita perhatikan efek dari covid-19 selama setahun terakhir, ada berapa ribu karyawan yang di PHK oleh kantor karena kebangkrutan.

Sementara PNS, bisa lebih tenang karena hidupnya dijamin oleh negara dan tidak memiliki risiko PHK. Tentu saja setiap orang tua selalu menginginkan anaknya menjadi PNS bukan?

Eits tapi bukan berarti kamu bisa bekerja semaumu karena kamu terhindar dari PHK. Faktanya, PNS juga sangat terikat dengan banyak kode etik. Sehingga kamu juga mungkin dapat dipecat jika melakukan pelanggaran.

Mendapatkan penghasilan dan tunjangan

Tunjangan untuk PNS. Foto: Pinterest

Bekerja kantoran akan mendapatkan bonus yang harus didapatkan dengan susah payah dan mengejar target. Berbeda dengan PNS yang selalu mendapatkan tunjangan dalam kurun waktu tertentu.

PNS mendapatkan kepastian dalam hal penghasilan dan tunjangan yang diberikan oleh negara. Bukan hanya untukmu, namun juga untuk anak, istri, dan jaminan kesehatan untuk keluarga kecilmu.

Bukan sekedar tunjangan, beberapa instansi pemerintah juga memiliki remunerasi atau tunjangan atas imbalan jasa yang dilakukan oleh pekerja. Remunerasi akan diberikan dalam bentuk uang dan dalam jumlah yang cukup besar.

Jenjang karier jelas

Sebagai pekerja kantoran kamu tidak bisa mendapatkan kepastian tentang kapan akan naik gaji dan dipromosikan. Inilah yang menjadi alasan beberapa pegawai melepas status kerjanya dan berwirausaha.

Berbeda dengan PNS yang jenjang karirnya sudah jelas sejak awal. Mendapatkan kenaikan gaji per beberapa tahun sekali sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Mendapatkan jaminan hari tua

Hari tua membutuhkan banyak dana untuk berbagai persiapan. Untuk itu setiap individu membutuhkan perencanaan dan tabungan di hari tuanya. Sementara PNS, hari tuamu sudah mendapatkan jaminan.

Memang jaminan ini sebenarnya berasal dari potongan gaji bulananmu. Namun, sama saja menabung untuk hari tua bukan?

Idaman mertua

Bagi orang desa memiliki mantu PNS dan berseragam adalah kebanggaan besar dibandingkan pekerjaan lain yang mungkin tidak berseragam. Selain jaminan gaji dan berbagai tunjangan, PNS bisa dibilang sebagai profesi terkeren bagi orang di daerah pedesaan.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button