ANTM ARB pada 18 Januari, investor Panic Selling dan takut rugi

Harga saham ANTM memang dinilai sudah cukup tinggi saat ini. Dan banyak analis yang menyatakan harga ANTM bahkan bisa lebih tinggi, hingga di angka 4.000. Sayangnya, ANTM ARB pada 18 Januari 2021 kemarin di sesi II perdagangan bursa.

Sentimen negatif pengaruhi ANTM ARB pada 18 Januari

Pada sesi I perdagangan bursa kemarin, ANTM memang sudah cukup fluktuatif. Hingga kemudian pada sesi ke II perdagangan, ANTM mengalami penurunan harga saham yang cukup tajam.

Awalnya tentu saja investor menganggap penurunan ini hal yang wajar terjadi. Namun kemudian terdapat sentimen negatif atas perusahaan ANTM membuat penurunan saham semakin tajam. Hingga akhir perdagangan, penurunan saham ANTM cukup besar yakni 6,7 persen pada level 2.910.

Dari awal memang sudah banyak analis yang menyatakan bahwa harga ANTM sudah cukup tinggi sehingga rentan koreksi. Sentimen positifnya sudah cukup untuk membuat harganya melonjak drastis dalam kurun waktu 1 bulanan saja.

Baca juga : Saham ANTM melonjak drastis, sebenarnya apa penyebab fluktuasi saham ANTM?

Hingga saat sentimen negatifnya muncul, saat pengadilan memutuskan ANTM harus ganti rugi 1,1 ton emas maka harga ANTM kembali turun hingga dalam batas ARB.

ANTM akan bangkit, atau semakin terpuruk?

Emas antam. Foto: Unsplash

Hingga akhir perdagangan bursa kemarin, banyak investor yang melakukan panic selling. Sayangnya, tidak ada investor yang membeli saham sehingga antrian jual sangat panjang.

Mengapa investor ramai-ramai menjual ANTM? Tentu saja, mereka takut ANTM akan semakin terpuruk dan uang mereka lost banyak.

Lalu mengapa tidak ada investor yang buy? Investor akan menunggu harga yang tepat untuk serok ANTM, sehingga mereka akan menunggu titik terendah. Tentu saja, mereka menginginkan harga yang minim untuk mendapatkan untung yang maksimal.

Jadi apa kata analis tentang ARB nya ANTM kali ini? Menurut Sukarno Alatas  selaku Analis Kiwoom Sekuritas Indonesia, harga saham ANTM masih bisa koreksi dalam waktu dekat. Perkiraan koreksi ANTM bisa menyentuh angka 2.770 hingga 2.780.

Untuk kedepannya, tentu saja harga ANTM akan sangat dipengaruhi oleh kinerja perusahaan. Jika ANTM tidak bisa mempertahankan atau meningkatkan harga sahamnya, maka keadaan akan semakin buruk dan harganya akan semakin anjlok.

Akan kah ANTM menyusul Kimia Farma?

Saham farmasi salah satunya Kimia Farma sudah terlebih dulu ARB sebelum ANTM. Sentimen positif seperti pengadaan vaksin membuat Kimia Farma melejit. Dan harganya turun drastis saat presiden telah melakukan vaksin pada 13 Januari kemarin.

Akah kah nasib ANTM seperti Kimia Farma? Kondisi fundamental ANTM lah yang akan menjawabnya. Namun, banyak analis yang masih positive thinking bahwa ANTM masih bisa bangkit dan menuju angka 4.000.

Untuk berita bisnis inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button