Aplikasi warung pangan, inovasi BUMN untuk memberikan kemudahan berbelanja

Pemerintah tidak henti-hentinya berusaha mengatasi efek yang ditimbulkan akibat pandemi. Salah satunya adalah dampak kesulitan masyarakat memenuhi kebutuhannya karena pembatasan mobilitas pasca pandemi covid-19. Atas pertimbangan ini, BUMN Klaster Pangan kemudian meluncurkan aplikasi warung pangan.

sebagai bentuk inovasi BUMN untuk memberikan kemudahan berbelanja untuk masyarakat. Aplikasi ini sebenarnya telah diluncurkan sejak Agustus 2020 lalu. Namun perkembangannya yang sangat pesat baru terlihat baru-baru ini.

47 ribu warung UMKM telah bergabung

Launching Aplikasi warung pangan. Foto: BUMN Track

Kelihatannya masyarakat begitu antusias dalam program BUMN yang satu ini. Terbukti dengan bergabungnya lebih dari 47 ribu warung UMKM  di aplikasi Warung Pangan (WP). 47 ribu warung UMKM di platform ini terdiri dari pengusaha UMKM, Koperasi, hingga beberapa perusahaan.

Untuk saat ini aplikasi tersebut baru tersebar di 7 kota di Indonesia. Seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Pangkal pinang, dan Surabaya. Untuk kedepannya, BUMN berharap aplikasi itu akan tersebar lebih luas dan merata hingga ke seluruh kota di seluruh Indonesia dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan pangan melalui aplikasi belanja ini.

Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Seperti WP Grosir untuk fasilitas grosir kepada masyarakat yang ingin mendapatkan produk dalam jumlah banyak dengan harga murah. WP suplier untuk memberikan wadah bagi produsen dan supplier lokal untuk menjual produknya.

Yang paling istimewa adalah WP Fund yang merupakan fasilitas permodalan dari Bank BRI dan Bank Mandiri untuk membantu penjual dan UMKM mendapatkan bantuan modal dalam mengembangkan usahanya. WP Fund menjadi salah satu terobosan baru untuk kategori platform belanja yang bisa membantu UMKM mendapatkan pendanaan dari perbankan. Tentu selama ini belum ada aplikasi yang menyediakan fasilitas seperti ini selain platform resmi pendanaan dari perbankan secara langsung.

Aplikasi warung pangan terhubung dengan Bank

Bukan hanya membantu mendapatkan permodalan melalui fitur WP Fund yang bekerjasama dengan Bank BRI dan Bank Mandiri, aplikasi Warung Pangan juga terhubung dengan bank-bank lainnya di Indonesia dalam hal pembayaran.

Selain Bank BRI dan Bank Mandiri, platform ini telah menjalin kerjasama dengan bank Mandiri, BCA, serta beberapa pembayaran digital seperti Link Aja dan Dana sebagai langkah mempermudah pembayaran digital oleh pengguna aplikasi tersebut. Tidak berhenti di sana, hingga saat ini BUMN melalui pengelola aplikasi Warung Pangan terus berusaha menghubungkan berbagai startup pendanaan ke aplikasi ini.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button