Beberapa metode presentasi sales yang akan meningkatkan penjualan

Sales atau marketer akan membutuhkan strategi marketing yang mumpuni dalam rangka mencapai target penjualan setiap bulannya. Salah satu strategi marketing yang harus disusun adalah dengan menerapkan metode presentasi sales kepada calon prospek.

Metode presentasi sales yang tepat akan klien atau calon prospek dapat menerima dan mencerna penjelasan sales dengan baik. Sehingga dapat tercipta hubungan yang harmonis dan kesepakatan kerja sebagaimana yang diinginkan. Berikut adalah beberapa metode presentasi sales yang bisa kamu pilih untuk mendukung penjualan.

Mempresentasikan produk sesuai kebutuhan

metode presentasi sales
Ilustrasi untuk kebutuhan customer. Foto: Pixabay

Salah satu metode yang paling tepat untuk mendapatkan penjualan yang tinggi adalah dengan mempresentasikan produk sesuai kebutuhan audiens. Pertama kamu harus memahami apa yang mereka butuhkan dan bagaimana keadaan mereka saat ini. Sehingga kamu dapat memberikan solusi dan penawaran terbaik untuk ini.

Untuk mempresentasikan motode pertama ini, pastikan kamu menyelipkan 1 – 2 slide tentang latar belakang klien beserta masalah yang mereka hadapi. Setelahnya, kamu dapat melanjutkan ke konten presentasi apa yang kamu tawarkan untuk masalah tersebut.

Presentasi dengan fokus pada keunikan penawaran

Kadang hanya memberikan solusi kepada klien saja tidak cukup. Klien butuh solusi yang lain daripada yang lain. Yang unik dan tidak dimiliki semua pihak.

Untuk mempresentasikan dengan metode ini, kamu bisa melewati beberapa hal yang kurang penting dan kurang berhubungan dengan penawaran. Melainkan kamu harus membahas pertanyaan-pertanyaan penting yang menekankan tentang mengapa Anda perlu presentasi di depan mereka dan membangun rasa penasaran tentang keunikan penawaran yang kamu sampaikan.

Selanjutnya kamu bisa menyampaikan slide tentang apa yang membedakan Anda dengan kompetitor. Meliputi keunikan penawaran, hal baru yang tidak dimiliki kompetitor, dan keuntungan yang didapatkan klien jika memutuskan menerima penawaran.

Metode semi interview

Metode presentasi sales yang seperti ini akan lebih banyak mengandung pertanyaan pilihan yang ditujukan untuk klien. Selanjutnya kamu bisa mengkombinasikan tanya jawab ini sambil menjelaskan konten presentasi.

Sayangnya, metode presentasi seperti ini kurang cocok jika digunakan untuk jumlah audiens yang cukup banyak dan dari klien degan perusahaan yang berbeda.

Jadi, mana yang kamu rasa sebagai metode presentasi sales yang paling sesuai? Pastikan apapun metode yang kamu pilih, sesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan, dan kondisi saat itu. Selamat mencoba!

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika . (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button