Berapa gaji yang kamu inginkan? Ini jawaban tepat saat interview

Tahapan sebelum mendapatkan pekerjaan, yaitu kamu harus apply surat lamaran terlebih dahulu ke perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Dan setelah apply, di tahap selanjutnya adalah kamu harus melakukan interview. Nah, dalam interview ini, kamu akan ditanyai terkait dengan kepribadianmu, pengalamanmu hingga ditanyai berapa gaji yang kamu inginkan.

Pertanyaan HRD tentang ekspektasi gaji ini seringkali membuat bingung para pelamar kerja, khususnya para freshgraduate yang belum sama sekali melamar pekerjaan. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum kamu menjawab pertanyaan tentang gaji.

Riset gaji minimal

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum melangsungkan interview kerja adalah kamu harus melakukan riset gaji minimal posisi pekerjaan yang kamu lamar dan domisili tempat kamu bekerja. Misalnya, gaji maintenance di perusahaan BUMN. Kamu bisa mencari tahu terkait dengan gaji yang pantas kamu dapatkan nantinya melalui riset ini.

Pertimbangkan dengan skill dan pengalamanmu

Sebelum kamu menjawab tentang berapa gaji, kamu bisa mempertimbangkan skill dan pengalamanmu terlebih dulu. Apabila kamu adalah seorang fresh graduate dan tidak mempunyai pengalaman kerja sama sekali, kamu disarankan agar tidak mengharapkan gaji yang terlalu besar. Hal ini dikarenakan bahwa kamu masih minim pengalaman dan skill yang kamu punya juga masih sangat terbatas.

Beda halnya dengan pelamar yang sudah mempunyai banyak pengalaman dan skill yang sudah terlatih, mereka bisa meminta gaji tinggi sesuai dengan pengalaman dan skill yang mereka miliki.

Berapa gaji yang kamu inginkan? Sesuaikan dengan kebutuhan

Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum kamu menjawab pertanyaan seputar berapa gaji yang kamu inginkan adalah pertimbangkan kebutuhanmu. Kamu harus memperhitungkan terkait dengan apa saja kebutuhan sehari-hari yang harus kamu penuhi. Dimulai dari transportasi, uang makan, biaya kos dan biaya-biaya lain. Usahakan bahwa gaji yang akan kamu terima itu cukup bahkan lebih untuk membiayai kebutuhanmu itu.

Ikuti tips-tips menarik lainnya di Bisnika.com

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button