Berikut keuntungan yang kamu peroleh saat berinvestasi di reksadana syariah!

Dalam melakukan investasi, kita bisa melakukannya dimana saja, entah itu di bank, pasar modal, reksadana ataupun tempat lainnya yang menyediakan jasa investasi. Dalam hal ini, ada beberapa investasi yang bisa kamu jalankan, antara lain investasi emas, saham, obligasi, sukuk, maupun instrumen investasi lainnya. Sejauh ini kalian pasti hanya memahami kalau investasi ini hanya bisa dilakukan di bank ataupun pasar modal saja. Faktanya, investasi ini bisa dilakukan di manapun, seperti melalui reksadana, khususnya reksadana syariah.

Bagi umat muslim yang takut akan riba, gharar ataupun transaksi yang dilarang dalam islam, reksadana syariah ini adalah solusi investasi syariah yang cocok dilaksanakan.

Apa itu reksadana syariah?

Reksadana syariah ini merupakan suatu wadah investasi kolektif yang dikelola oleh manajer investasi dengan cara menginvestasikan dana kelolaan ke instrumen syariah seperti saham syariah, sukuk ataupun instrumen syariah lainnya. Nah, selain diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), reksadana syariah ini juga diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) dalam kegiatan operasionalnya. 

Keuntungan investasi di Reksadana Syariah

Ada beberapa keuntungan yang kamu peroleh jika kamu melakukan investasi di reksadana syariah, antara lain:

Selektif

Dalam hal ini, manajer investasi selektif dalam memilih perusahaan yang akan masuk dalam reksadana syariah. Sebelum meng-acc perusahaan untuk bergabung di reksadana syariah, manajer investasi akan memastikan bahwa utang yang dimiliki oleh perusahaan tersebut lebih kecil dari pada jumlah modalnya. Selain itu, manajer investasi tidak akan memilih perusahaan yang tidak sesuai dengan prinsip syariah, misalnya perusahaan bir, rokok ataupun bank-bank konvensional.

Berkah

Selain kita dapat melakukan investasi melalui reksadana syariah, kita juga dapat melakukan donasi. Kenapa begitu? Karena dengan kamu berinvestasi di reksadana syariah, bagi hasil investasi antara investor dengan reksadana syariah ini akan didonasikan kepada masyarakat yang kurang mampu. Dengan itu, dengan melakukan investasi di reksadana syariah ini, investasi kamu akan berkah dan akan membawakan rezeki bagi masyarakat yang kurang mampu.

Sesuai dengan syariah

Dengan kamu berinvestasi di reksadana syariah, investasi yang kamu jalankan akan terbebas dari adanya riba dan transaksi short selling, dimana short selling ini diharamkan dalam Islam. Reksadana syariah ini akan menjalankan transaksi sesuai dengan nilai-nilai Islam, seperti mengedepankan keadilan, keterbukaan ataupun kesejahteraan umat.

Demikianlah keutamaan berinvestasi di Reksadana Syariah. Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button