Biar hidup nggak ambyar, yuk cek asset lancarmu!

Dalam hidup semua penuh dengan ketidakpastian seperti masa sekarang ini. Kadang ada pemasukan kadang tidak, kadang pengeluaran lebih besar dari pemasukan. Semua itu di luar dari yang kita rencanakan. Banyak orang yang mengalami masa sulit juga. Jadi kita tak sendiri menghadapinya. Nah di masa yang serba nggak pasti seperti sekarang ini, kita sangat perlu tahu seberapa aman kondisi keuangan kita. Oleh sebab itu, kita bisa melihatnya dari aset lancar yang kita miliki saat ini. Aset lancar sendiri merupakan dana yang bisa kita cairkan sewaktu-sewaktu jika kita membutuhkannya. Nah Cek aset lancarmu! Apa saja sih yang harus kita periksa? Yuk simak infonya

Fresh Cash

Fresh Cash atau biasa disebut juga dengan uang segar ini bisa berupa berbagai bentuk mulai dari uang yang ada di dompet, di tas, di kantong celana, saku baju, yang ada di celengan itu termasuk dalam kategori fresh cash yang perlu kita ketahui jumlahnya berapa. Nah uang ini yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari yang sudah kita rencanakan sebelumnya.

Tabungan

Sekarang ini tabungan ada berbagai macam bentuknya, mulai dari yang ada di rekening, e-money, e-wallet dan bisa juga ada di deposito. Walaupun deposito ini tidak bisa dicairkan sewaktu-waktu, namun masih bisa digunakan paling tidak dalam kurun waktu satu tahun ke depan. Sehingga jika ada kebutuhan mendesak diluar kendali bisa kita cairkan.

Investasi jangka pendek

Investasi jangka pendek dapat berupa Reksa Dana Pasar Uang, Emas, logam mulia dan Obligasi yang akan jatuh tempo beberapa bulan lagi, semua itu merupakan kategori aset lancar, karena bisa kita cairkan dalam waktu yang sangat dekat. Nah buat kalian yang memiliki emas maupun logam mulia baik dalam bentuk fisik maupun tabungan, ketika membutuhkan uang bisa kalian jual juga agar bisa mendapatkan fresh cash.

Pendapatan

Pendapatan sebenarnya tak melulu soal gaji yang kita dapatkan saja, lho. Misal kalau kita mempunyai pekerjaan sampingan maupun passive income yang kita dapatkan di luar pekerjaan, juga termasuk dalam kategori pendapatan. Jadi kita harus mencatat  dan menghitung semua rezeki yang kita dapatkan, agar pengeluaran tak lebih besar dari pendapatan.

Yuk cek dan persiapan aset lancarmu, biar tak menyesal di hari mendatang karena tak ada lagi yang bisa diandalkan!

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button