Bisnis kopi viral menjamur, persaingan semakin sengit

Tahun 2020 kemarin merupakan puncak dari viralnya bisnis kopi di Indonesia. Bisnis kopi viral menjamur hingga ke pelosok daerah, baik kopi start up maupun bisnis kopi konvensional.

Adapun kopi start up seperti Fore Coffee, Kedai Kopi Tuku, Kopi Kenangan. Sedangkan kopi konvensional seperti seperti Starbucks, Coffee Bean & Tea Leaf dan Excelso.

Tentu saja dengan semakin banyaknya pesaing pengusaha harus meningkatkan strategi marketing. Membuat produk dengan lebih inovatif dan menarik sehingga customer lebih menyukainya.

Trend minum kopi membuat bisnis kopi viral menjamur

Bisnis kopi viral menjamur
Coffe art. Foto: Unsplash

Jika dulu masyarakat hanya minum kopi kemasan dan sesekali menongkrong di angkringan, sekarang trend sudah berubah. Kini masyarakat lebih suka nongkrong di cafe kopi besar karena merasa lebih keren dan menarik.

Dari sini lah kemudian trend minum kopi kembali menjamur di masayarakat. Mereka mulai berbondong-bondong nongkrong dan memamerkan cangkir kopinya anggar dianggap keren dan millenial.

Semakin berkembangnya varian kopi dan semakin tertariknya masyarakat dengan coffe art pun membuat antusiasme masyarakat terhadap kopi lebih tinggi.

Strategi marketing tetap bertahan di tengah bertambahnya pesaing bisnis kopi

Berikan ciri khas

Ciri khas produk merupakan hal yang berbeda dari produk lain sehingga membuat produk anda membekas dihati konsumen. Seharusnya ciri khas ini sudah ditentukan sebelum bisnis diluncurkan.

Meski berkembang dan pesaing bertambah jika usaha kedai kopi kamu memiliki ciri khas dan unik, maka kemungkinan untuk ditinggalkan lebih kecil.

Hal ini lah yang diterapkan oleh Ryo Limijaya selaku Sales and Marketing Manager Anomali Coffee. Salah satu strategi marketing yang diterapkan Anomali Coffee adalah komitmennya menjaga ciri khas sebagai kedai kopi berkualitas dari biji kopi asli Indonesia..

Baca juga : 6 Langkah jitu bisnis kedai kopi untuk para pemula

Interior yang menarik dan nyaman

Kedai kopi dianggap oleh masyarakat sebagai tempat nongkrong, menghilangkan jenuh, dan tempat mendatangkan kesenangan. Karena itu wajib bagi anda pengusaha bisnis kedai kopi untuk memanjakan customer dengan penampilan cafe yang menarik dan tempat yang nyaman.

Berikan edukasi

Strategi ini juga diterapkan oleh Anomali Coffee. Selain memasarkan produk, mereka tak lupa juga memberikan pengalaman dan edukasi kepada konsumen untuk membuat konsumen senang saat berkunjung.

Biasanya secara berkala cafe fenomenal ini memberikan kehormatan kepada konsumennya untuk menyeduh kopi. Bahkan mereka memberikan fasilitas gratis dengan belajar teknik coffee cupping dan breawing coffee secara berkala.

Berikan inovasi

Bisnis tidak bisa bertahan lama jika anda tidak melakukan inovasi. Agar konsumen tidak bosan dan jenuh, pebisnis harus memutar otak untuk memberikan produk yang menarik, baru, hingga desain interior yang diperbarui secara berkala.

Untuk berita bisnis inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button