Bisnismu gagal? Kamu harus ketahui penyebab gagalnya bisnis!

Dalam menjalankan bisnis memang tidaklah mudah dan tidak se instan membuat indomie. Banyak rintangan dan lika-liku yang dihadapi selama berbisnis. Sebagai seorang pebisnis, kamu harus harus kuat mental dan berjiwa pantang menyerah dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang muncul. Apa sajakah penyebab gagalnya bisnis?

Sebagai pebisnis pemula, kamu jangan kaget apabila kamu baru mulai menjajaki dunia bisnis. Seperti yang sudah diketahui bahwa dalam dunia bisnis itu dunia yang penuh berbagai risiko. Jadi, kamu harus kuat dan semangat dalam menghadapinya.

Penyebab gagalnya bisnis yang kamu jalankan

Sebagai pebisnis pemula, kamu harus ketahui penyebab gagalnya sebuah bisnis. Hal ini bertujuan agar kamu bisa menghindari hal-hal yang kemungkinan bisa membuat bisnismu gulung tikar. Lalu, apa saja sih penyebab bisnis yang kita jalankan dicap gagal?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan bisnismu dalam ambang kebangkrutan, diantaranya:

1. Mempunyai manajemen yang buruk

Salah satu yang menjadi penyebab gagalnya bisnis yang kita rintis adalah dengan adanya manajemen yang buruk, entah itu dalam memanajemen keuangan, manajemen pemasaran, ataupun yang lainnya.

Seperti yang kita ketahui, banyak pebisnis yang tidak mengatur/memanajemen keuangannya dengan baik. Mereka sering mencampur uang pribadi dengan uang bisnis. Selain itu, mereka juga tidak merekap pendapatan dan pengeluarannya, sehingga mereka tidak mengetahui bahwa bisnis yang dijalankan itu menguntungkan atau justru malah merugikan.

2. Tidak melakukan riset pasar

Sebelum kamu menjalankan bisnis, kamu harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Dengan itu, kamu bisa mengetahui pangsa pasar yang kamu cakup sekaligus mengetahui laku atau tidaknya produkmu apabila dipasarkan pada pasar sasaran tersebut.

3. Kurangnya modal

Selain membutuhkan mental yang kuat dalam menjalankan bisnis, kita juga harus mempunyai modal yang memadai. Untuk itu, sebelum memulai bisnis, kamu harus mempersiapkan modal yang sekiranya modal tersebut cukup untuk membangun dan mengembangkan bisnismu.

4. Tidak memperhatikan feedback dari pelanggan

Dengan kita tidak mempertimbangkan feedback dari pelanggan, bisnis yang kita jalankan kemungkinan akan hancur. Karena dengan feedback dari pelanggan ini kita bisa melakukan perbaikan dan lebih mengembangkan kualitas dari produk yang kita jual.

5. Tidak mau berfikir kreatif

Sebagai pebisnis, kita juga harus bisa berfikir kreatif dan inovatif. Hal ini dikarenakan bahwa semakin banyak pesaing-pesaing bisnis yang mempunyai produk yang sama dengan produk yang kamu jual. Untuk itu, kita harus menciptakan nilai beda yang membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk yang kamu jual.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button