Bitcoin terus anjlok, potensi turun bisa sampai sejauh mana?

Nilai Bitcoin anjlok sebanyak 5,71% sampai ke tahap nilai tukar setara $35.210. Konversi dalam rupiah menjadi Rp 500.827.040 dengan nilai tukar 1$ sama dengan Rp 14.347. Penurunan yang terjadi sebanyak $ 2.131,11. Para pemegang Bitcoin mulai berhati-hati dan harap cemas, karena ditakutkan nilainya bisa turun lebih jauh lagi. Dilansir dari Reuter, nilai Bitcoin sudah turun sebanyak 45.7% sejak nilai tertinggi pada tahun 2021 di bulan April kemarin. Nilainya sempat mencapai $64.895,22 yang mana setara Rp 923.069.609,28.

Bitcoin. Foto: Unsplash

Bagaimanakah nasib Bitcoin anjlok dan cryptocurrency lainnya?

Para pemegang cryptocurrency semakin cemas akibat kabar turunnya nilai Bitcoin. Jika Bitcoin turun, maka ada kemungkinan cryptocurrency lainnya akan mengalami hal serupa. Soalnya Bitcoin merupakan cryptocurrency yang sampai beberapa bulan lalu dianggap yang terbaik nilainya. Sejak pemerintah China mengumumkan tidak akan menggunakan mata uang virtual dalam transaksi di instansinya, maka cuitan Elon Musk juga dianggap memperburuk kondisi Bitcoin. Elon Musk melarang penggunaan bitcoin untuk transaksi membeli mobil Tesla. Kedua pernyataan tersebut sontak menurunkan nilai Bitcoin. Penurunan terus terjadi hingga hari Sabtu. Sedangkan dari Business Today juga mengabarkan jika penurunan terus terjadi, bukannya tidak mungkin bisa turun sampai ke titik $20.000. Angka $20.000 didapatkan dari hasil para analis cryptocurrency.

Mengingat sampai update kemarin Sabtu saja, nilai Bitcoin sudah hampir menyentuh $30.000. Nasib Bitcoin benar-benar berubah drastis sejak nilainya terus meroket. Jika Bitcoin bisa jatuh sampai sejauh itu, lantas bagaimana dengan nasib cryptocurrency lainnya? Tentu saja cryptocurrency lainnya juga akan mengalami penurunan. Sampai dengan hari Sabtu kemarin, nilai dari Ether yang merupakan mata uang virtual dari Ethereum blockchain sudah mengalami penurunan sebanyak 2,54%.Penurunan tersebut menyebabkan Ethereum turun sebanyak $59.84.

Masih adakah harapan nilai Bitcoin dapat naik kembali?

Meskipun nilai Bitcoin terus turun, bukan berarti tidak ada harapan harganya akan menjadi stabil. Pada hari Rabu kemarin El Salvador menjadi negara pertama yang meresmikan tender legal untuk status Bitcoin. Tindakan yang dilakukan El Salvador adalah yang pertama di dunia. Di sisi lain, MicroStrategy Inc, juga mendukung eksistensi dari Bitcoin di AS. Perusahaan akan memberikan $500 juta untuk membeli Bitcoin. Penawaran yang dilakukan MicroStrategy Inc dilakukan dalam bentuk obligasi. Kamu yang akan bermain Bitcoin sebaiknya perlu berpikir panjang, karena memang perlu permodalan yang kuat. Jika naik bisa pesat, tetapi kalau turun bukan main juga cemasnya. Perubahan nilai yang drastis terjadi, karena memang tidak ada nilai yang nyata untuk cryptocurrency.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button