Budidaya Lele Bule, omzetnya Menggiurkan

Ikan lele bule atau lele Albino merupakan salah satu jenis ikan lele hias yang mempunyai warna putih dan aksen warna lainnya yang membuatnya belang. Karena itulah ikan ini dijuluki ikan lele bule. Tubuhnya tidak jauh berbeda dengan lele hitam pada umumnya. Tubuhnya sama-sama memanjang dengan kumis di kepalanya. Budidaya ikan lele bisa menjadi ide bisnis yang menggiurkan.

Hati-hati membudidayakan lele bule

Ikan lele bula atau lele hias ini sering melompat dari kolam atau akuarium dan berjalan jauh tanpa air dengan bantuan patilnya. Sifat-sifat seperti ini yang harus kamu ketahui untuk memulai budidaya lele ini.

Budidaya lele bule. Foto: Instagram

Peminat dari ikan hias yang satu ini cukup banyak sehingga bisnis ini cukup menggiurkan. Lalu bagaimana cara membudidayakannya ?

Langkah budidaya ikan lele hias

Pemilihan indukan

Lele Albino yang akan dijadikan indukan wajib memiliki tubuh mulus dan normal, sehat, tidak kurus, dan sudah berumur 10-12 bulan dengan bobot sekitar 200 gram per ekor.

Menyiapkan kolam

Kolam untuk budidaya ikan ini bisa dibuat ukuran sekitar 2 x 1 m dengan kedalaman sekitar 40 cm. Setelah kolam dibuat, siapkan sarang di kolam tersebut. Sarang bisa disusun dengan batu bata 30 x 40 cm dan tinggi 20 cm. Sarang ini ditaruh di dasar kolam lalu ditutup dengan genteng atau lainnya, serta bagian depannya menyempit untuk keluar masuknya indukan.

Di dalam sarang diberi ijuk untuk tempat telur menempel. Jika sudah semua maka kamu bisa mengisi kolam dengan air sekitar 15-20 cm kedalamannya. Jangan lupa tutup kolam dengan seng.

Pemijahan

Ikan lele bule yang sudah matang usia, dimasukkan ke dalam kolam khusus pemijahan. Ikan ini akan bertelur pada malam hari dan keesokannya akan ada telur-telur yang menempel di ijuk kolam.

Pembesaran

Indukan yang ada di kolam pemijahan dibiarkan dahulu hingga benih berumur sekitar 4 minggu. Setelah berumur 4 minggu, benih bisa diambil dan ditempatkan pada kolam yang lebih luas. Lalu, indukan tadi bisa dikawinkan lagi.

Ikan lele hias ini harganya yang besar bisa mencapai 65 juta rupiah. Seperti yang dimiliki artis Uya Kuya. Sangat fantastis sekali, bukan?

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button