Cara hadapi orang yang sering minta harga teman!

Saat berbisnis kita harus memperhatikan berbagai hal, untuk itu kita harus mempunyai rencana dan strategi yang benar agar bisnis kita bisa tetap berjalan lancar. Walaupun strategi sudah diatur dengan matang sebelum memulai bisnis, namun masalah tentu pasti ada yang akan menerpa bisnis kita nantinya. Entah itu dari faktor internal maupun eksternal. Salah satunya adalah masalah harga. Pasti kita sering dihadapkan dengan orang-orang yang meminta harga lebih rendah dari harga patokan yang sudah kita tentukan. Kebanyakan orang pasti sering menawar dan berdalih minta harga teman. Harga teman sendiri merupakan harga patokan yang sudah kita bandrol namun kita turunkan harganya, karena yang beli teman sendiri. Nah, agar kita bisa sabar menghadapi orang yang sering minta harga teman, maka kita bisa menghadapinya dengan cara berikut ini!  

Beri harga pas untuk setiap produk

Usahakan dalam menjual produk. Kita beri harga pas agar orang tak bisa menawar lagi dengan dalih apapun, apalagi minta harga teman. Karena jika kita sudah beri bandrol pada setiap produk yang kita jual misal baju, jilbab, tas. Maka orang yang melihatnya jika memang dia berminat dan kepincut untuk membeli, tentu saja ia akan membelinya tanpa memikirkan harga, apalagi menawarnya.

Jelaskan kualitas produk yang kita jual

Kebanyakan dari pembeli pasti akan lebih memilih barang dengan harga yang murah, namun ingin kualitas yang bagus. Maka tentu saja hal ini tidak mungkin, karena ada harga pasti ada barang, nggak mungkin jika harga murah tapi ingin kualitas yang bagus, karena rata-rata barang yang memiliki kualitas bagus maka harganya juga akan mengikuti. Untuk itu kita harus memberikan informasi yang jelas kepada pembeli mengenai produk yang kita jual itu.

Beri tahu dia mengenai harga pasarannya

Hal ini pasti sering saya temui, kebanyakan orang yang ketika membeli pasti menawar barang  nggak tanggung-tanggung, bisa-bisa turun dari harga pasar. Untuk itu sebagai penjual, kita harus memberitahukan kepada calon pembeli jika dia menawar, maka kita bisa memberitahu dia bahwa harga pasarannya segini, kalau dia tak percaya kita bisa menyuruhnya untuk mengecek di tempat lain. 

Jangan tawarkan produk kita ke teman

Sebenarnya menawarkan produk kita ke teman tak ada salahnya, siapa tau dia berminat karena yang jual kan teman sendiri. Namun kita juga harus lihat-lihat orangnya. Apakah dia memang benar-benar akan mau membeli atau tidak. Atau hanya sekedar nggak enak karena kita yang jual dan justru malah minta harga teman.

Tidak perlu ditanggapi lagi

Jika memang beberapa hal di atas sudah kita lakukan, namun orang tersebut tak sadar diri dan tetap minta harga teman. Maka kita biarkan saja dan tidak usah kita tanggapi lagi, karena percuma juga berdebat.

Apakah kalian juga suka menemukan orang yang suka minta harga teman? Nih cara di atas bisa kalian lakukan lho, siapa tau manjur kan dan tidak ada lagi orang-orang yang sering minta harga teman!

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button