Cara membangun brand awareness, yuk lakukan mulai sekarang

Ingin produk kamu dikenal dan berkesan? Yuk cari tahu cara membangun brand awareness. Mudah kok, kamu bisa lakukan sendiri.

Untuk berada dalam top level  brand awareness tidak semudah yang kamu fikirkan. Brand-brand besar yang menjadi top brand membutuhkan waktu puluhan tahun hingga bisa berada dalam level ini.

Bagaimana cara membangun brand awareness?

Sebelumnya perlu diperhatikan cara membangun brand awareness kamu perlu mengetahui posisi brand-mu di hati masyarakat. Kamu perlu melakukan riset kecil untuk mengetahui sejauh mana produkmu dikenal.

Setelah mengetahuinya baru lah kamu mulai bisa meningkatkan tahap brand awareness dengan beberapa kiat berikut:

Terus melakukan promosi

Melakukan promosi produk artinya memperkenalkan produk kepada konsumen. Untuk produk baru mungkin konsumen tidak akan terlalu memberikan perhatian. Tapi setidaknya dengan terus melakukan promosi secara instens, lama kelamaan konsumen akan mulai mengenal dan mengingat produkmu.

Cara membangun brand sendiri. Foto: Pixabay
Cara membangun brand sendiri. Foto: Pixabay

Bagi pemula, kamu bisa mulai membangun brand awareness melalui media sosial dan website. Kamu juga bisa mulai melakukan endors untuk memperkenalkan produkmu secara lebih luas.

Tapi apakah dengan ini perkenalan produk akan berhasil? Bisa, tapi mungkin kurang optimal.

Caranya, kamu harus melakukan strategi promosi yang menarik, dimana konsumen tidak akan “skip produk”. Mungkin bisa melalui promosi lucu atau iklan secara tersirat. Lakukan secara continue agar konsumen mulai menaruh perhatian dengan produkmu.

Bangun keterikatan emosional

Beberapa brand besar menggunakan strategi emosional untuk meningkatkan penjualan. Sebut saja produk besar Coca-cola. Iklan yang sering ditampilkan bersifat membangun keterikatan emosial yang membuat masyarakat tertarik dengan produknya.

Lalu bagaimana cara kita membangun keterikatan emosial? Cobalah dengan mulai membagikan informasi, tips, trik, dan tutorial seputar produk yang kamu pasarkan.

Cara membangun brand awareness
Brand awareness. Foto: Pinterest

Kamu juga bisa mengoptimalkan pelayanan untuk memberikan “kesan” di hati pelanggan. Pelayanan yang baik dan ramah utamanya untuk produk jasa akan memberikan kesan positif di hati konsumen sehingga mereka akan aware dengan brand mu.

Atau dengan memberikan merchandise untuk produk yang kamu jual. Misalnya, pembelian sepatu anak yang juga disertai dengan mainan anak. Mungkin awalnya konsumen tidak terlalu tertarik dengan brand sepatu ini. Tapi lama kelamaan mereka akan mencari informasi karena anaknya menyukai dengan merchandise yang didapatkan.

Cara membangun brand awareness: Pilih konten yang masuk akal

Seringkali didapati iklan yang terlalu over atau mengada-ada. Efek yang terlalu didramatisir atau kalimat yang terlalu berlebihan dalam mempromosikan produk namun tidak sebanding dengan kualitas produk akan membuat masyarakat berkesan “ah, nipu ini”.

Jadi, pastikan kamu bisa menemukan konten tepat yang mampu mewakili keunikan produk atau jasamu. Berikan sarana promosi yang sederhana namun membekas di hati mereka.

Untuk berita bisnis inspiratif lainnya, silakan ikuti terus Bisnika.com atau ikuti IG kami di @Bisnika.Media(TCT/HSP)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button