Contoh perusahaan yang menerbitkan Medium Term Notes (MTN)

Seperti yang sudah diketahui bahwa Medium Term Notes (MTN) merupakan surat surat berharga berbasis hutang yang diterbitkan oleh perusahaan yang membutuhkan pembiayaan dalam jangka waktu tertentu. Perusahaan menerbitkan MTN ini dikarenakan ada beberapa faktor, salah satunya digunakan untuk modal kerja, pengembangan usaha, ataupun yang lainnya

Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan contoh perusahaan yang menerbitkan Medium Term Notes (MTN) beserta kegunaan penerbitan MTN tersebut.

Medium Term Notes PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM)

TLKM menerbitkan surat utang jangka menengah (MTN) dan MTN syariah ijarah dengan nilai total Rp 1,5 triliun. Seluruh dana yang diperoleh dari MTN tersebut akan digunakan untuk pengembangan jaringan akses dan backbone pembangunan jaringan broadband Fiber to The Home (FTTH).

Medium Term Notes PT Asuransi Jiwasraya

PT Asuransi Jiwasraya menerbitkan surat utang jangka menengah (Medium Term Notes) senilai Rp 500 miliar dengan kupon 11,25% per tahun. Penerbitan MTN tersebut digunakan untuk melunasi kewajiban dari PT Asuransi Jiwasraya.

Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP)

INKP menerbitkan MTN Paper VI Tahun 2018, seri A memiliki jumlah pokok sebesar Rp 900 miliar dengan jangka waktu 2 tahun dan bunga tetap sebesar 10,15%. Sedangkan pada seri B sebesar Rp 200 miliar dengan jangka waktu tiga tahun dan tingkat bunga 10,25%. Dana hasil penerbitan MTN digunakan untuk modal kerja, belanja modal dan refinancing utang perseroan.

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI)

BBNI menerbitkan surat utang jangka menengah subordinasi I BNI Tahun 2018 senilai Rp 100 miliar dan dilakukan melalui penawaran terbatas. Tingkat bunganya sebesar 8% per tahun dengan jangka waktu 5 tahun. Penerbitan MTN ini akan digunakan untuk memperkuat modal pelengkap (tier 2) dan modal kerja dalam rangka pengembangan usaha.

PT Tridomain Performance Materials Tbk (TDPM)

PT Tridomain Performance Materials Tbk (TDPM) menerbitkan surat utang jangka menengah (MTN) II dengan nilai maksimum Rp 410 miliar. MTN tersebut memiliki tenor 3 tahun dengan tingkat bunga sebesar 10,50% per tahun. Penerbitan MTN ini digunakan untuk penambahan modal kerja, pengembangan bisnis, investasi dan refinancing perseroan.

PT Mitra Pinasthika Mustika Finance (MPM Finance)

MPM Finance menerbitkan surat utang jangka menengah (MTN) senilai Rp 300 miliar secara bertahap dengan jangka waktu 3 tahun, yaitu ada  seri A senilai Rp 150 miliar dan seri B Rp 150 miliar. Penerbitan MTN ini digunakan untuk memenuhi modal kerja, kegiatan pembiayaan dan pengembangan bisnis perusahaan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button