Crypto sangat fluktuatif. Apa alasannya?

Bagi kamu pemula crypto, pasti kamu agak bingung kenapa kok pergerakan harga crypto sangat fluktuatif banget dalam hitungan hari bahkan per jam. Terkadang harga menjulang tinggi, dan terkadang harganya turun drastis. Pergerakan harga crypto ini memanglah berbeda dengan pergerakan harga saham, di mana pergerakannya yang tidak se fluktuatif crypto. Lalu, apa sih yang membuat crypto sangat fluktuatif dari pada saham?

Ada beberapa hal yang membuat crypto sangat fluktuatif, diantaranya sebagai berikut:

Supply dan demand

Salah satu hal yang menyebabkan crypto sangat fluktuatif adalah karena permintaan dan penawaran dari para trader crypto. Adanya permintaan dan penawaran ini dikarenakan bahwa cryptocurrency adalah aset digital dan sebagian besar crypto ini tidak didukung oleh aset fisik seperti mata uang ataupun komoditas. Dengan itu, harga crypto ini ditentukan sepenuhnya oleh supply dan demand.

Crypto masih merupakan pasar berkembang

Beda halnya dengan saham yang sudah terkenal dan sudah ada sejak lama, crypto ini masih terbilang baru di kalangan masyarakat. Hal ini dibuktikan bahwa kapitalisasi pasar cryptocurrency ini dihargai ~$ 2T. Hal ini memanglah nampak banyak, tetapi jika dibandingkan dengan pasar finansial resmi lain seperti saham dan emas, kapitalisasi dari crypto ini tidak ada apa-apanya alias sangat kecil.

Teknologi crypto masih dalam tahap perkembangan

Teknologi yang digunakan di crypto ini adalah blockchain. Nah, sebelumnya, kalian udah mengetahui apakah blockchain itu? Blockchain merupakan suatu teknologi/sistem/database terdesentralisasi yang dibagikan di seluruh jaringan. Teknologi blockchain ini juga masih dalam perkembangan untuk lebih baik dan lebih inovatif lagi. Untuk itu, seringkali perkembangan teknologi ini berdampak pada peningkatan harga token/koin crypto. Misalnya seperti ETH, harga ETH mengalami kenaikan karena Ethereum mempunyai fitur yang sangat inovatif.

Nah, itu dia beberapa alasan dari fluktuatifnya harga koin crypto. Semoga membantu guys.

Untuk tips bisnis inspiratif lainnya, silahkan follow  Bisnika. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button