Elon Musk buat Bitcoin terjun bebas, pemilik Bitcoin kelimpungan!

Elon Musk yang sebelumnya terkenal sebagai salah satu tokoh terkenal yang bisa meng up harga Bitcoin dan Doge coin dengan cepat, kali ini melakukan hal sebaliknya. Bukan membuat harga mata uang crypto melambung seperti biasanya, kali ini justru Elon Musk membuat Bitcoin terjun bebas.

Sama halnya dengan saham, harga mata uang crypto cukup sensitif dengan adanya sentimen yang dikeluarkan. Harga dapat naik atau bahkan turun dengan sangat cepat sehingga bisa membalikkan keuntungan menjadi kerugian yang cukup besar.

13 Mei 2021, Bitcoin anjlok 15%

Investasi aset crypto paling populer
Bitcoin. Foto: Pinterest

Dilansir dari Bloomberg pada Kamis, 13 Mei 2021 kemarin. Harga Bitcoin sempat turun hingga 15 persen dari harga semula yang bertahan di angka US$50.000. Jika dirupiahkan, nilai Bitcoin saat itu sekitar Rp711.166.619,-.

Penurunan harga masih berlanjut hingga 15 Mei 2021, dimana hara Bitcoin tertahan di angka US$46.795,50.. Atau setara dengan Rp668.050.733,-

Akibat penurunan nilai yang sangat signifikan ini banyak investor Bitcoin yang mengalami kerugian besar hingga mencapai ratusan juta rupiah. Apakah kamu salah satunya?

Cuitan Elon Musk buat harga Bitcoin terjun bebas

Ada apa hingga aset yang semula sangat dibanggakan di seluruh dunia ini tiba-tiba melemah? Ternyata salah satu penyebabnya adalah komentar Musk melalui akun Twitter resminya tentang kekhawatiran akan penggunaan Bitcoin yang cukup populer di masyarakat. Baik dampak negatifnya dalam bidang transaksi hingga kekhawatiran dalam penambangan mata uang.

Dalam cuitannya di kun twitter miliknya itu, Musk juga menambahkan bahwa kemungkinan besar perusahaan besar miliknya, Tesla dalam jangka waktu tertentu akan menerima jenis mata uang kripto lainnya. Meski diterangkan bahwa mata uang crypto lain ini total transaksinya diperkirakan tidak lebih dari 1 persen dari total transaksi dan penambangan Bitcoin.

Padahal, di bulan Februari 2021 lalu Tesla telah mengumumkan pembelian Bitcoin oleh perusahaan senilai US$1,5 miliar. Harga Bitcoin juga melambung tinggi saat itu hingga memberikan keuntungan yang cukup besar.

Selain untuk Bitcoin sendiri, langkah pembelian Bitcoin oleh Tesla yang digadang-gadang akan digunakan untuk penerimaan pembayaran dengan mata uang crypto ke depannya juga dapat meningkatkan legitimasi mata uang kripto sebagai alat transaksi sekaligus instrumen investasi di dunia.

Terlebih Tesla merupakan perusahaan kuat yang tergabung sebagai anggota indeks S&P 500 sehingga pengaruh keputusan ini akan sangat berimbas kepada investor ritel dan masyarakat umum. Hingga saat ini, hanya Bitcoin yang diakui sebagai mata uang kripto yang diterima sebagai alat transaksi pembayaran di AS.

Demikianlah cuitan Elon Musk yang membuat Bitcoin terjun bebas. Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button