Fakta Basuki Surodjo, crazy rich Jember hadiahi Alphard untuk Billar-Lesti

Jelang pernikahan, Rizky Billar dan Lesti Kejora dapat hadiah mewah dari pengusaha Basuki Surodjo. Pria asal Jember tersebut memang punya hubungan yang dekat dengan kedua artis muda tersebut. Basuki dan Billar punya usaha kuliner bareng yaitu Raja Sei.

Alhamdulillah menjelang lamaran kami dapat hadiah pernikahan dari ko @basukisurodjo. Jadi sebelumnya beliau ini bilang ke saya, ‘Kaka, saya pengen kasih hadiah pernikahan kalian sesuatu yg bisa kalian gunakan sehari hari,sesuatu yg bisa kalian ingat, sesuatu yg bisa dikenang’ lalu dihadiahkan lah kami ‘tunggangan executive’ ini hehe,” tulis Rizky Billar di Instagram baru-baru ini.

Alphard hadiah untuk Lesti dan Billar dari Basuki Surdjo. Foto: Instagram

Penasaran dengan sosok Basuki Surodjo yang beri hadiah Alphard untuk Billar dan Lesti? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut fakta-fakta si crazy rich Jember.

Merintis usaha dari bawah

Cobaz, sapaan akrab Basuki merintis usahanya dari bawah. Dia memulai bisnis Warung Internet (Warnet) bernama Barracks pada tahun 2001.

Berawal dari modal 12 komputer, usahanya berkembang pesat hingga memiliki cabang di Surabaya, Sunter, dan Ketapang. Kala itu Barracks menjadi salah satu warnet terbesar. Bahkan Barracks sempat mengirim para anggotanya untuk berlaga di kompetisi game online internasional.

Usaha ini dirintis Cobaz saat duduk di bangku kuliah, Omzetnya fantastis, mencapai keuntungan bersih Rp100 juta per bulan. Seiring bisnis Warnet yang meredup, ia menyerahkan Barracks pada rekannya.

Akrab dengan Leslar. Foto: Instagram basukisurodjo

CEO PT Air Mas Perkasa

Dikutip dari laman resmi Airmas Group, Cobaz adalah pendiri PT Air Mas Perkasa (Airmas Group). Perusahaan itu bergerak di bidang teknologi informasi terkait pengadaan barang dan jasa pemerintah, e-commerce, dan unit usaha lainnya. Hingga saat ini, PT Air Mas Perkasa memiliki 24 kantor cabang dan 1000 karyawan.

Ia mengembangkan usahanya ke sektor lain, seperti e-catalogue LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) yakni Ayooklik. Ayooklik.com adalah platform toko online yang  menjual berbagai produk hasil industri dalam negeri .

Basuki Surodjo punya berbagai bisnis teknologi informasi hingga membuatnya menyandang gelar Raja IT Indonesia. Berdiri sejak tahun 2008, perusahaannya kini semakin berkembang dengan melayani berbagai segmen pelanggan mulai dari B2B, B2B, hingga B2C.

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jakarta Barat ini juga terjun ke bisnis F&B lewat Ayoo Kopi, Ayoo Jamu, dan Ayoo Snack, serta Cobas store yang merupakan toko perkakas daring.

YouTuber

Channel Youtube Basuki Surodjo saat ini memiliki 1,24 juta subscribers. Hebatnya hanya dalam waktu 5 bulan, dia berhasil mendapat 1 juta subscribers.

Di balik sukses itu, ada tim Ayooentertainment yang berhasil membuat konten menarik. Jika dilihat, kanal Youtube milik Cobaz aktif meng-upload video baru beberapa kali dalam seminggu.

Kalau dihitung-hitung, misalnya sebuah kanal bisa memperoleh seluruh fanbase 1.000.000 untuk nonton dua video baru per minggu. Maka si creator akan menerima setiap minggu: US$ 18 x 1.000 x 2 = US$36 ribu per minggu dari AdSense saja. Kalau dikonversi ke rupiah, kira-kira dalam satu minggu Basuki Surodjo bisa meraup Rp500 juta-an dari YouTube.

Jadi pengusaha sukses, enggak heran dia bisa memberi hadiah mewah untuk sahabatnya, ya!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button