Faktor yang mempengaruhi harga Bitcoin untuk naik dan turun

Dunia cryptocurrency yang merupakan mata uang virtual, penentuan nilai tidak bisa sembarangan. Buktinya tidak semua cryptocurrency bisa stabil seperti Bitcoin. Beberapa waktu sebelum mengalami kenaikan, nilai Bitcoin sempat turun beberapa kali. Bagi kamu yang tertarik untuk masuk ke dunia tersebut harus mengetahui beberapa faktor yang bisa mempengaruhi harga Bitcoin.

Keamanan jaringan sebagai faktor yang mempengaruhi harga Bitcoin

Dunia virtual identik dengan cyber crime yang juga menjadi semakin canggih. Sistem keamanan jaringan dari suatu cryptocurrency harus terus diupdate secara berkala. Bitcoin menjadi yang terdepan dalam melakukan upgrade terhadap sistem keamanannya. Mereka terus memperbaiki bug yang ada, sehingga tidak terjadi pencurian koin. Kasus peretasan pernah terjadi pada Ethereum sebagai cryptocurrency nomor dua setelah Bitcoin. Ethereum pernah memiliki bug yang membuat pencuri berkesempatan curi koin sebanyak $30 juta. Nilai yang setara dengan Rp 430,320,000,000. Keamanan jaringan yang tinggi

Kunci bitcoin. Foto: Pinterest

Ketertarikan investor dan institusi

Cryptocurrency berbeda dengan uang yang beredar di seluruh dunia. Jika uang nyata punya jaminan berupa emas, maka tidak atas cryptocurrency. Nilainya bisa dengan mudah naik dan turun berdasarkan keputusan dari investor besar maupun institusi terkenal. Nilai Bitcoin sempat amblas banyak beberapa bulan lalu sejak Elon Musk melarang penggunaan untuk membeli mobil Tesla. Kemudian nilai Bitcoin kembali turun pesat ketika Pemerintah China memutuskan untuk melarang institusi negara menggunakan Bitcoin. Intinya, semakin banyak investor, institusi, dan tokoh dunia yang menggunakan, maka nilainya akan turut berkembang.

Banyak pengguna

Dalam dunia investasi, istilah yang sering digunakan adalah jumlah node. node merupakan jaringan aktif yang menggunakan suatu cryptocurrency. Jadi yang diperhitungkan dalam pengaturan nilainya juga tergantung dari banyak penggunanya yang tidak sebatas berasal dari kaum kapitalis maupun institusi pemerintah. Semakin banyak masyarakat yang menggunakan juga memberikan kesempatan nilainya bisa naik atau stabil. Pada saat nilainya lesu, banyak pemain yang memutuskan untuk menjual aset yang dimiliki. Ketakutan yang merupakan faktor psikologis dan juga keserakahan akan berpengaruh juga terhadap nilainya.


Di saat nilai Bitcoin kembali naik ke level $40.000 beberap ahari lalu, masyarakat banyak yang menjadi serakah ingin memperbanyak koin dengan harapan di masa depan, nilainya bisa bertambah lebih besar lagi. Sedangkan setiap kali angka bergerak turun akan membuat pemilik set bergerak akibat ketakutan dna berimbas banyak orang menjual Bitcoin.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button