Fitur toko online yang membuatmu makin sukses, ini daftarnya!

Dalam mensukseskan kinerja toko online mu ada beberapa hal yang tidak bisa terelakkan salah satunya yakni fitur toko online yang fungsional dan menarik.

Ya, halaman website beserta fiturnya menjadi salah satu pertimbangan konsumen apakah akan menyukai halaman website dan meneruskan transaksi atau tidak.

Tapi, apa saja sih fitur toko online yang membuatmu makin sukses? Berikut daftarnya akan dikupas dengan tuntas dalam artikel bisnika.com

Keranjang belanja dan customer login

Salah satu bagian terpenting dalam website toko online adalah keranjang belanja dan customer login. Keranjang belanja akan memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk menampung barang yang hendak dibelinya nanti.

Sementara customer log in berfungsi untuk merekap sekaligus mencatatkan informasi penting yang berkaitan dengan pelanggan. Diantaranya riwayat pembelian dan pemesanan, pesanan yang tidak dibayarkan atau digagalkan, tagihan, dan masih banyak lagi.

Website user-friendly

Website toko online. Foto: Pinterest

Tampilan website yang menarik, sederhana, namun cantik menjadikan nilai lebih bagi toko online-mu. Istilah ini biasa populer dengan sebutan website user-friendly.

Seberapa pentingnya Website user-friendly dalam sebuah toko online? Sebuah survei bahkan membuktikan bahwa sebanyak 76% konsumen setuju bahwa kemudahan penggunaan menjadi salah satu poin penting yang dipertimbangkan konsumen dalam melakukan transaksi.

Website mobile-friendly 

Yang perlu dipahami setiap pemilik toko online adalah mempertimbangkan bahwa tidak semua pelanggan melakukan order melalui PC atau laptop. Karena itu lah halaman atau tampilan toko harus diupayakan dapat diakses dan diterima melalui perangkat apasaja, termasuk smarthphone.

Dengan mempertimbangkan tampilan website yang mobile-friendly customer dapat menikmati tampilan website yang tetap menarik dan rapih dalam segala bentuk perangkat mobile yang dimilikinya.

Tombol call-to-actions yang persuasif

Tombol CTA menjadi salah satu “ajakan” dari website untuk membuat pengunjung melakukan aksi saat mengunjungi laman website. Diantaranya ajakan untuk menghubungi CS, menanyakan stok, dan masih banyak lagi.

Halaman promo

Salah satu hal yang paling tidak bisa diabaikan customer saat mengunjungi laman web adalah “halaman promo”. Penawaran terbaik dari website mu harus diposisikan, dibuat, dan didesain sedemikian menarik mungkin untuk menarik perhatian pengunjung.

Misalnya adalah penawaran terbatas waktu, promosi khusus, dan diskon menarik yang akan mempengaruhi psikologi customer untuk melakukan transaksi saat itu juga.

Payment gateway

Setelah memutuskan untuk bertransaksi, fitur toko online payment gateway menjadi hal yang akan membantu customer meneruskan transaksi. Payment gateway merupaan layanan yang berfungsi untuk melakukan otorisasi pembayaran baik itu kartu debit, kartu kredit, hingga metode pembayaran digital lainnya.

Payment gateway akan memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak, baik pemilik toko maupun customer. Dengan pilihan payment yang lebih beragam dan udah diakses customer dapat melakukan pembayaran dengan lebih mudah.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button