Gagal bayar utang, rumah termahal AS dijual murah

Beberapa hari ini jagat media sosial AS diributkan dengan peristiwa rumah termahal AS dijual murah lantaran pemiliknya gagal membayar hutang. Rumah mewah yang dimaksud adalah rumah ‘megamansion’ di Los Angeles, Amerika Serikat  dengan luas 105.000 kaki persegi dan berbagai fasilitas mewah lainnya.

Rumah yang berada di kawasan Bel Air ini sebelumnya disebut-sebut dengan “The One,” yang sebelumnya diperkirakan akan dijual dengan harga USD 500 juta (Rp 7,1 triliun).

Sayangnya tidak lagi. Kini rumah mewag tersebut telah masuk ke pengawasan kurator lataran pemilik rumah ternyata gagal membayar pinjaman dan utang yang terhitung dengan jumlah sebanyak USD 165 juta (Rp 2,3 trilun).

Sangat disayangkan, rumah termahal AS dijual murah

Rumah megamansion yang kini telah ditempatkan ke kurator oleh Pengadilan Tinggi Distrik Los Angeles ini disebut-sebut mungkin akan terjual dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan harga aslinya dalam beberapa bulan mendatang. Sungguh disayangkan, lantaran rumah yang dianggap sebagai rumah terbesar dan termahal di dunia perkotaan ini harus mengalami nasib seperti itu.

Banyak developer yang menyayangkan hal ini. Rumah yang dulunya pada tahun 2017 pernah diharapkan terjual dengan nilai pasar Rp 7,1 triliun ini justru akan masuk dalam pengawasan kurator lantaran pemilik terjerat hutang yang nilainya sangat jauh di bawah harga rumah yang dijaminkan.

Padahal, megamansion itu benar-benar mengagumkan. Bangunannya membentang seperti istana ultra-modern di atas tanah seluas delapan hektar di puncak bukit. Yang bangunannya menghadap ke perkotaan Los Angeles.

Penyebab properti terjual murah

Alasan rumah terjual di harga murah. Foto: Pinterest

Beberapa keadaan memang membuat properti terjual dengan harga murah. Jauh dibawah harga pasaran sebagaimana yang terjadi pada properti tersebut. Berikut adalah beberapa penyebab lain yang mungkin bisa membuat properti terjual dengan harga murah.

Karena perceraian

Perceraian menyebabkan masing-masing pasangan berusaha menjual properti secepat mungkin bahkan jika properti ini akhirnya terjual dengan harga murah. Tujuannya tentu saja setiap pihak ingin membagi harta mereka secepatnya agar kedepannya tidak perlu berurusan dan saling bertemu.

Pembagian warisan

Kedua, properti bisa terjual dengan harga di bawah harga pasar lantaran pihak penjual sedang dalam masa pembagian waris. Terlebih jika masing-masing ahli waris memiliki hubungan yang tidak harmonis dan kondisi keuangan mereka sangat jomplang.

Namun membeli properti dengan sengketa waris juga cukup beresiko. Selain sertifikat tanah yang masih bergabung, banyak hal lain yang menjadi pertimbangan pihak pembeli sehingga harga jualnya cukup rendah.

Properti dijual murah karena kredit macet

Rumah termahal AS dijual murah juga lantaran menjadi jaminan kredit macet. Properti ini nantinya akan masuk ke mekanisme lelang oleh bank pemegang hak tanggungan . Pembeli bisa mendapatkan harga murah sesuai dengan kesepatan lelang dan keberuntungannya.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button