Gajimu kecil? Gimana cara mengatur keuangannya?

Hai guys, kalian tipe orang yang bingung atur keuangan nggak? Apalagi kalau gaji yang kamu terima tergolong kecil. Wahhh lumayan bingung kan? Kebutuhan ini belum terpenuhi, kebutuhan itu juga belum terpenuhi, sedangkan gaji yang baru kamu terima udah ludes aja. Bikin pusing bukan? Gimana cara mengatur keuangan?

Buat kalian yang mempunyai gaji kecil, kamu harus ekstra hati-hati dalam mengelola. Kalaupun kamu salah sedikit dalam mengelola keuanganmu ini, nanti malah akan menyebabkanmu terperosok ke dalam dunia perhutangan. Nah, kalian tau nggak sih sebenarnya ada tips mudah dalam mengelola keuangan dengan gaji yang kecil. Mau tau tipsnya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Pisahkan uang sesuai dengan pos kebutuhan

Agar kamu tidak boros dan tidak selalu kehabisan uang di akhir bulan, kamu bisa pisahkan uang sesuai dengan pos kebutuhanmu. Misalnya, kamu mempunyai gaji 2 juta perbulan, nah 35%-nya kamu gunakan untuk kebutuhan sehari-harimu, 20%-nya untuk kamu tabung, 10%-nya kamu gunakan untuk investasi, dan sisanya kamu gunakan untuk kebutuhan lainnya. Nah, uang-uang tersebut bisa kamu pisahkan dan jangan dicampur adukkan ya, agar kalian tidak bingung.

Buatlah list kebutuhanmu

Kamu bisa membuat list kebutuhanmu seperti yang sudah dijelaskan di atas. Biaya makan berapa sih dalam sebulan? Terus biaya tagihan listrik per bulan juga berapa? Dengan kamu membuat list seperti ini, keuanganmu akan lebih tertata dan termanajemen dengan baik.

Sisihkan sedikit uangmu untuk ditabung

Walaupun gajimu kecil, sebisa mungkin kamu harus tetap menabung, walaupun dalam nominal kecil. Karena apa? Karena tabungan ini nantinya akan berguna selagi diri kamu membutuhkan banyak dana yang sebelumnya tidak terduga. Tabungan ini bisa kamu jadikan sebagai dana darurat-mu.

Jangan lupa untuk diinvestasikan  

Meskipun berpenghasilan kecil, tidak menutup kemungkinan untuk kamu melakukan investasi. Kamu bisa melakukan investasi dengan modal minim semampumu. Selain bertujuan untuk mendapatkan keuntungan, investasi ini akan mempertahanan nilai uangmu supaya nggak kemakan oleh inflasi.

Itu dia beberapa tips mengelola keuangan dengan gaji yang minim. Bagi kamu yang berpenghasilan kecil, kamu bisa terapkan tips ini ya! Semoga bermanfaat guys!

Itulah tips-tips cara mengatur keuangan. Untuk tips bisnis inspiratif lainnya, silahkan follow  Bisnika. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button