Gap Year masih punya harapan

Kamu seorang lulusan terbaru dari Sekolah Menengah Atas atau sederajadnya ?. Dan kamu memiliki harapan untuk masuk ke dalam bagian dari universitas terbaik dengan jurusan yang sangat kamu minati ?. Hal ini tidak jarang membuat sebagian besar orang menjadi gap year ketika tidak berhasil meraihnya di tahun tersebut, di mana ia baru lulus dan seharusnya langsung melanjutkan pendidikannya. Mereka yang memiliki tekad kuat akan memilih menunggu tahun depan lagi dengan usaha yang lebih keras untuk meraihnya.

Gap year tidak hanya tentang belum diterima di universitas impian tetapi juga karena hal lain misalnya terbatasnya ekonomi keluarga yang membuat ia harus menjadi gap year terlebih dahulu.

Menjadi gap year tidak selamanya negatif. Justru dari menjadi gap year kamu bisa mendapatkan pegalaman yang lebih yang tidak semuanya dapatkan begitu saja. Pengalaman itu bisa didapat ketika kamu tidak diam saja. Kamu harus bangkit dan melakukan berbagai hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu selama menjadi gap year.

Apa saja yang bisa kamu lakukan ?

Pekerjaan yang bisa dilakukan seorang gap year

Belajar untuk tahun yang akan datang

Kamu bisa memperdalam lagi untuk belajar SBMPTN baik secara mandiri ataupun mengikuti les.

Meningkatkan suatu keahlian lain

Keahlian yang bisa kamu tingkatkan tidak selamanya harus sesuai dengan jurusan yang sedang kamu impikan saat itu. Kamu bisa meningkatkan keahlian lainnya sesuai yang kamu minati. Malahan kamu bisa tingkatkan skill kamu sesuai perkembangan zaman dan tuntutannya. Hal ini bahkan tidak tentu akan dilakukan oleh para mahasiswa yang langsung diterima di suatu perguruan tinggi.

Kamu bisa meningkatkan kemampuan menulis, kemampuan berbahasa inggris, atau belajar pemograman.

Bekerja

Kamu bisa menunggu waktu tes tahun depan dengan bekerja terlebih dahulu agar tidak pengangguran. Namun, kamu harus lebih memperkuat impian dan tekadmu agar tidak tergiur dengan uang hasil bekerjamu dan kehilangan impianmu karena lingkungan yang susah berbeda.

Mengikuti berbagai event seminar

Ada banyak seminar yang dilakukan oleh perguruan tinggi atau pemerintah atau lembaga lainnya. Kamu bisa mengikutinya untuk menambah pengatahuanmu.

Ikut boatcamp

Istilah boatcamp berarti pelatihan hard skill yang materinya relevan dengan industri yang kamu tekuni atau kamu incar saat ini. Biasanya pelatihan ini lebih banyak tentang digital seperti pemograman, digital marketing, dan juga UI/UX.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button