Hartanya Setara RAPBN 2022, simak fakta menarik Bernard Arnault pemilik LVMH

Nama Bernard Arnault memang tidak setenar sekarang. Tepatnya, semenjak kekayaannya berhasil menyaingi milyuner besar dunia Jeff Bezos yang dulunya menduduki peringkat orang terkaya di dunia dalam beberapa waktu belakangan. Namun sebenarnya nama Bernard Arnault bukan lagi menjadi nama yang asing dalam dunia bisnis. Terlebih fakta Bernard Arnault adalah sosok di balik bisnis-bisnis besar ternama di dunia.

Fakta kekayaan Bernard Arnault terus menanjak sejak menggantikan posisi ayahnya sebagai presiden

Sosok orang terkaya di dunia yang memiliki nama lengkap Bernard Jean-tienne Arnault ini merupakan anak dari pasangan Marie-Josephe Savinel dan Jean Leon Arnault. Ayahnya yang merupakan seorang teknik sipil mewariskan bisnis besar dalam bidang real estate Ferret-Savinel. Akhirnya, pada akhir tahun 1979 Arnault pun dianggap layak untuk menggantikan posisi ayahnya sebagai presiden perusahaan.

Kekayaannya mulai berkembang mulai saat itu. Perkembangan bisnisnya yang saat itu cukup pesat ditambah lagi dengan keputusannya untuk mengakuisisi 44% saham di merek konglomerat sekitar akhir tahun 1980-an kemudian membuat kekayaannya berkembang sangat pesat. Ya, fakta bahwa Arnault memang senang membeli perusahaan besar dan berkonstribusi di dalamnya menjadi alasan besar kekayaannya berkembang pesat hingga sekarang.

Mengakuisisi Boussac Saint-Freres dan memutuskan keputusan mencengangkan

Fabrick Boussac Saint-Freres. Foto: PicClick

Orang-orang hebat seperti Arnault memang selalu membuat kita terkejut dengan keputusannya. Setelah menjadi presiden di perusahaan yang dirintis ayahnya, dalam waktu 3 tahun Arnault menjual divisi konstruksi industri senilai US$15 juta. Dan mulai membentangkan bisnisnya dalam perusahaan teknik seperti Financiere Agache dan Boussac Saint-Freres.

Hal pertama yang dilakukannya saat mengembangkan Boussac Saint-Freres adalah dengan melakukan PHK besar-besaran. PHK dilakukan kepada total 9.000 pekerja yang saat itu menggantungkan hidupnya dari perusahaan ini. Mungkin itu lah yang membuat Arnault dijuluki sebagai e Terminator’ alias pemusnah.

Kini hartanya setara dengan RAPBN 2022

Fakta besar dari kejayaan Arnault adalah jumlah kekayaannya saat ini yang setara dengan RAPBN 2022. Diketahui berdasarkan pidato Nota Keuangan APBN 2022 oleh Presiden Joko Widodo, RAPBN 2020 adalah senilai Rp2.708,7 triliun. Sedangkan dikutip dari laman Forbes Real Time Billionaire List, saat ini kekayaan Arnault yang berhasil didokumentasikan adalah senilai USD196,6 miliar atau setara Rp2.826,4 triliun.

Dengan total kekayaan besar yang didominasi akibat kenaikan saham besar pada LVMH pada akhir Mei 2021 ini. Arnault berhasil menggeser posisi Jeff Bezos dengan total kekayaan sebesar188 miliar dolar AS atau setara Rp2.703,1 triliun.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button