Hati-hati! Penipuan investasi bodong melalui ‘endorse’ tokoh

Penipuan investasi bodong memang sudah terlalu banyak terjadi. Namun meski kasusnya sudah banyak, korban penipuan investasi bodong rasanya terus bertambah.  Seakan mereka tidak belajar dari kejadian masa lampau yang menimba korban penipuan investasi sebelum-sebelumnya.

Salah satu penyebabnya adalah tentang jumlah imbal hasil yang ditawarkan adalah dalam jumlah besar. Siapa yang tidak ingin mendapatkan imbal hasil besar, dalam waktu singkat, dan secara konstan? Bahkan saham dan kripto pun tidak bisa menjanjikan imbal hasil yang selalu besar dan konstan.

Selain imbal hasil, mereka juga kerap tertipu dengan platform investasi bodong atau investasi ilegal. Tidak berijin OJK, dan tidak mempertimbangkan resiko yang mungkin akan terjadi kedepannya.

Penipuan investasi bodong mulai melibatkan tokoh

Ilustrasi penipuan investasi bodong. Foto: Pinterest

Semakin parahnya dunia penipuan investasi bahkan sampai melibatkan tokoh-tokoh ternama. Selebgram, seleb TikTok, dan influencer ternama yang berpengaruh untuk bisa diikuti masyarakat.

Namun sayangnya, tidak semua influencer yang berpengaruh memiliki pengetahuan yang memadai tentang apa yang dia promosikan. Apakah iklan tersebut berdampak positif, atau sebaliknya. Hanya keuntungan yang dipertimbangkan mengingat biasanya menjanjikan fee yang cukup besar.

Kadang tokoh juga tidak secara langsung mempromosikan investasi bodong. Melainkan secara ilegal foto dan perkataannya diedit sedemikian rupa untuk menjadi media promosi pelaku. Sangat mengkhawatirkan bukan? Terlebih jika influencer yang digunakan adalah mereka dengan followers dan pengaruh besar. Pasti impact nya juga lebih besar.

Cara menghindari

Untuk menghindari penipuan utamanya dalam investasi, masyarakat harus memperhatikan 2L. Yakni aspek legal dan aspek logis. Investasi apapun bentuknya harus legal. Berijin OJK, bukan hanya lambangnya saja yang tertera. Namun kamu juga harus mengeceknya langsung di platform OJK.

Logis yakni tentang regulasi dan return yang ditawarkan. Perlu diketahui bahwa resiko investasi sangat berpengaruh dengan hasil. Semakin besar hasil, semakin besar resiko. Jadi jangan pernah percaya bahwa kamu akan mendapatkan hasil return tinggi tanpa resiko.

Kemudian tentang hasil return yang ditawarkan, jangan percaya jika kamu ditawari bunga besar secara konstan namun kurang jelas tentang investasi planning kedepannya. Jika penawaran diberikan oleh perorangan atau lembaga, upayakan semuanya tercatat hitam di atas putih. Perhatikan pula poin-poin perjanjiannya agar saat terjadi sesuatu yang tidak menguntungkan kamu bisa menuntutnya.

Sekian informasi tentang investasi bodong di artikel ini, tetap semangat berinvestasi dan gunakan platform berizin.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button