Ide jenis usaha dan tips jualan di depan rumah, cocok untuk pemula

Sebagai ibu rumah tangga atau orang yang tidak bisa keluar rumah terlalu lama, mungkin akan sulit mendirikan bisnis atau usaha di toko pada daerah pilihanmu. Tetapi, ada cara berbisnis di depan rumah yang bisa kamu lakukan.
Jualan di depan rumah cukup efektif dan efisien. Kamu bisa coba beberapa jenis usaha yang bisa dilakukan di depan rumah sebagai referensinya, juga tips jualan di depan rumah bagi kamu yang masih pemula.

Jenis usaha yang bisa dilakukan di depan rumah

1. Usaha fotokopi

Manfaatkan letak rumahmu jika berada di sekitar sekolah atau kantor. Karena letak tersebut, kamu memiliki peluang untuk membuka usaha fotokopi di depan rumah. Banyak pelajar maupun pekerja kantoran yang membutuhkan warung fotokopi untuk pekerjaannya.
Jika perlu, kamu juga membuka jasa pengetikan sekaligus printing, juga alat-alat tulis yang pasti dibutuhkan orang-orang sekitar rumahmu.

2. Usaha jus buah

Jus buah. Foto: Instagram

Dengan halaman depan rumah yang mungil atau hanya berdasarkan teras, kamu bisa meletakkan gerobak jus disana. Jus buah rumahan seperti ini memiliki banyak peluang pula, tak kalah dengan usaha lainnya.

3. Usaha pulsa

Kamu bisa membuka usaha pulsa di depan rumah, bahkan hanya dengan menempel tulisan tangan sederhana “jual pulsa” yang cukup besar terpampang di depan pintu atau gerbang rumah.

Tips jualan di depan rumah

1. Pasang spanduk

Tak perlu banyak modal atau aksi promosi di sosial media, kamu bisa pasang spanduk yang menunjukkan usahamu yang cukup jelas. Tetangga dan orang-orang yang sering melewati rumahmu akan mengetahui jenis usahamu. Akan lebih menguntungkan jika rumahmu berada di daerah perkotaan yang dekat dengan jalan raya.

2. Tata ruang dengan baik

Sebagian besar usaha rumahan tidak memerlukan banyak hal untuk dipajang di depan rumah. Mungkin kamu akan memerlukan gerobak berukuran kecil, rak atau etalase sebagai tempat produkmu.

3. Promosikan pada tetangga dan teman

Karena tetangga adalah orang terdekatmu, maka promosikan terlebih dahulu pada mereka dari mulut ke mulut. Kamu bisa berbicara langsung untuk mengundang mereka datang dan mencoba produkmu, bahkan memberikan tester untuk mereka.
Juga, kamu bisa mengundang teman agar datang dan nongkrong di rumahmu sambil membeli produkmu, mendukungmu berbisnis. Cara-cara ini bisa menjadi langkah efektif untuk mempromosikan jualanmu.

Karena bisnis atau usaha ini paling efektif, jadi kamu tidak bisa mengharap banyak untuk menjual barang-barang dalam jumlah yang besar. Meski demikian, kamu tetap bisa mendapat keuntungan berlipat dari bisnis ini. Jalankan tips jualan di depan rumah dengan benar agar usaha lancar.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button