Ikuti cara cerdas dan bijak dalam menggunakan kartu kredit!

Kartu kredit tidak dimiliki oleh sembarang orang dan hanya orang-orang kalangan menengah ke atas/elit yang mempunyai kartu kredit ini. Mengapa begitu? Karena untuk memiliki kartu kredit juga tidak asal-asalan, ya, man-teman. Kamu harus mempunyai banyak uang/aset berharga yang nantinya kamu jadikan jaminan untuk kartu kredit ini. Nah, jika suatu saat kamu tidak mampu membayar tagihan kartu kedit ini, bunga akan semakin berganda dan kemungkinan aset berharga yang kamu miliki bisa disita. Jadi, bagi kamu yang mempunyai kartu kredit, kamu harus cerdas dan bijak dalam menggunakan kartu kredit tersebut.

Gunakanlah secukupnya dan manfaatkan dengan baik kartu kredit tersebut. Janganlah kamu terlalu menghamburkan uang. Berikut ini merupakan cara cerdas dalam menggunakan kartu kredit:

Bayar sesuai dengan tagihan

Harus kamu ketahui bahwa jika kamu membayar cicilan kartu kredit dengan jumlah minimum, maka secara otomatis jangka waktu pembayaran tagihan akan semakin lama dan bunga akan semakin membengkak. Untuk itu, tepati peraturan dan kesepakatan yang telah kamu buat dengan pihak bank. Dengan kamu  membayar tepat waktu tagihan kartu kredit ini, hidup kamu akan tenang dan tidak di usik oleh pihak bank.

Bayar kartu kredit sebelum jatuh tempo

Bagi kamu yang memiliki kartu kredit, sebisa mungkin kamu harus membayar tagihan kartu kreditmu sebelum jatuh tempo. Jika kamu tidak membayar tagihan dan melewati batas akhir pembayaran, kamu akan terkena denda ataupun bunga dari bank penerbit kartu kredit tersebut.

Bertransaksilah sesuai limit

Bersikaplah bijak dalam menggunakan kartu kredit. Sebagai pengguna kartu kredit yang bijak, kamu harus melakukan transaksi sesuai dengan limit kartu kreditmu. Jika kamu nekat menggunakan kartu kredit melebihi limit yang ditentukan, maka kamu akan diberikan denda untuk over limit kartu kredit. Untuk itu, manfaatkan kartu kredit itu seefektif dan sebaik mungkin dan jangan main gesek sana sini untuk membeli barang yang kamu inginkan, bukan barang yang kamu butuhkan.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button