Ingin punya gerai Alfamart atau Indomaret sendiri? Segini biaya franchisenya!

Di zaman sekarang, keberadaan toko retail modern seperti alfamart dan indomaret memang dibutuhkan oleh masyarakat. Lalu berapakah biaya franchise Indomaret Alfamart?

Dengan menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari, seperti makanan, minuman, obat-obatan, hingga menjual pulsa sangat membantu masyarakat yang membutuhkan. Dengan menyediakan jenis pilihan yang beragam, sehingga membuat konsumen senang berbelanja di sana.

Meskipun harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan toko retail biasa, indomaret dan alfamart menawarkan  fasilitas yang membuat konsumen nyaman untuk berbelanja. Seperti konsumen dapat mengambil barang sendiri, adanya keranjang belanja, hingga tempat yang ber-AC. Sehingga banyak yang ingin bergabung membuka usaha franchise jenis ini.

Namun sudah tahukah kamu mengenai berapa kisaran biaya agar dapat membuka gerai ini? Berikut ini ulasannya!

  1. Indomaret
PROMO Baru di Indomaret, BELI 2 Gratis 1 Hingga Harga Miring, Berlaku Hanya  3 Hari - Tribun Pontianak

Untuk biaya franchisenya dalam waktu 5 tahun adalah sebesar Rp 36 juta.  Biaya promosi dan juga persiapan pembukaan toko adalah sebesar Rp 9,5 juta. Biaya untuk renovasi serta tambah daya listrik adalah sebesar Rp 170,5 juta (estimasi biaya renovasi bangunan apabila bangunan awal bukan sebuah ruko, maka akan ada penyesuaian biaya). Dan biaya peralatan elektronik dan non-elektronk sebesar Rp 178 juta.

Maka jika ditotal, investasi yang dibutuhkan dalam membuka gerai indomaret dengan sistem waralaba adalah sebesar Rp 394 juta. Itupun belum termasuk biaya sewa bangunan.

2. Alfamart

Alfamart Jadi Brand Ritel Nomor satu di Filipina | Pasar/Jasa Keuangan

Dengan 9 rak penjualan, 1.200 produk yang akan dijual, serta dengan area penjualan seluas 30 meter persegi, akan dikenakan biaya sebesar Rp 300 juta. Untuk 18 rak penjualan, 1.600 produk yang akan dijual, serta area penjualan seluas 60 meter persegi akan dikenakan biaya sebesar Rp 350 juta. Jika dengan 36 rak penjualan, 3.800 produk yang akan dijual, serta area penjualan seluas 80 meter persegi akan dikenakan biaya sebesar Rp 450 juta. Dan, untuk 45 rak penjualan, 4.500 produk yang akan dijual, serta area penjualan seluas 100 meter persegi akan dikenakan biaya sebesar Rp 500 juta.

Namun jika membuka gerai dengan skema gerai take over, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 800 juta. Hal tersebut sudah mencakup :

  • Franchise fee sebesar Rp 45 juta untuk waktu 5 tahun
  • Instalasi listrik, peralatan gerai, dan AC
  • Cash register, sistem informasi reitel, dan shop sign, serta polesign
  • Perijinan gerai, promosi dan persiapan
  • Pembukaan gerai

Demikianlah ulasan mengenai biaya franchise Indomaret Alfamart. Untuk tips bisnis inspiratif lainnya, silahkan follow  Bisnika. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button