Ini dia, 3 industri kawasan halal yang tengah dibangun pemerintah

Pemerintah sedang gencar untuk membangun kawasan industri halal karena berpotensi menjadi pasar industri halal yang sangat luas dan terus bertumbuh. Dengan umat muslim yang semakin banyak jumlahnya di dunia, sehingga menjadikan permintaan akan produk dan jasa halal juga semakin meningkat.

Populasi umat muslim mencapai 1,84 miliar orang, dan mengalami peningkatan sekitar 27,5% dari total populasi dunia di tahun 2030. Apalagi di Indonesia yang merupakan populasi terbesarnya adalah penduduk muslim, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pemain utama dalam perekonomian dan keuangan syariah bagi dunia.

Layanan akan kebutuhan produk dan jasa halal akan ditampung di dalam kawasan industri halal ini. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan layanan pada satu atap atau one stop service.

Dengan hal ini diharapkan perdagangan produk halal Indonesia mengalami peningkatan, baik di dalam negeri maupun untuk ekspor atau luar negeri. Produk halal ini nantinya akan dilakukan pengembangan dan sistem dan pengembangan proses sertifikasi produk halal. 

Saat ini pemerintah tengah melakukan pembangunan kawasan industri halal, yaitu :

Modern Cikande Industrial Estate (MCIE)

Kawasan industri yang terletak di Serang, Banten ini dibangun oleh Modern Group. Mereka adalah industrial estate Indonesia yang cukup strategis. Modern Group bersedia memfasilitasi seluruh investor industri produk dan jasa halal dari dalam negeri hingga dari luar negeri. Karena nantinya diharapkan industri ini dapat mengangkat nilai-nilai standar halal internasional, kemananan pangan, dan kelestarian lingkungan.

Safe n Lock Halal Industrial Park

Ini adalah kawasan industri dan pergudangan yang terbesar di Sidoarjo, Jawa Timur. Safe n Lock ini memiliki kawasan yang aman, bersih, hijau, serta ramah lingkungan. Sehingga menjadi kawasan yang unggul diantara lainnya dan menjadi pilihan bagi perusahaan skala nasional maupun skala internasional.

Bintan Inti Halal Hub

Bintan Inti Halal Food Hub ada di daerah Bintan Industrial Estate, yaitu Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Pada Bintan Inti Halal Food Hub mengembangkan pemrosesan makanan dengan bahan baku yang halal, mulai dari memperhatikan bahan bakunya baik dari pertanian, perkebunan, dan peternakan. Selain itu, mereka juga bersedia mendukung jasa pengemasan, cold chain, dan juga logistik.

Menurut Venjte Rahardjo, selaku Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan, mengatakan jika industri halal memiliki potensi yang besar sebagai sumber pertumbuhan baru ekonomi dunia.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button