Ini dia jawabannya jika kamu ditanyai HRD seputar kekuranganmu

Di artikel sebelumnya, kita sudah membahas terkait dengan tips untuk menjawab pertanyaan HRD “apa kelebihanmu?”. Masih sama dengan pembahasan sebelumnya, dalam artikel ini juga akan membahas terkait dengan tips menjawab ketika ditanyai HRD seputar “apa kekuranganmu?”

Agar kamu tidak terjebak dalam pertanyaan-pertanyaan HRD ini, kamu bisa menjawabnya seperti dibawah ini.

Ditanyai HRD kekuranganmu, jawaban tidak berkaitan dengan posisi

Kamu bisa menjelaskan kekuranganmu tetapi jangan sesekali kamu menjelaskan kekuranganmu yang kamu kaitkan dengan possisi pekerjaan yang kamu lamar. Jikalau kamu menjelaskan kekurangan yang berkaitan dengan posisi kerja yang kamu lamar, maka artinya kamu tidak memenuhi persyaratan dari perusahaan. Misalnya kamu apply di perusahaan sebagai graphic designer, nah kamu bisa menyebutkan kekurangan yang tidak berkaitan dengan posisi itu seperti kamu kurang lancar berbahasa inggris.

Berikan solusi, saat ditanyai HRD kekuranganmu

Apabila kamu sudah menjelaskan kekuranganmu, maka kamu juga harus bisa menjelaskan solusi yang kamu berikan untuk mengatasi kekurangan yang kamu miliki. Kalau kamu tidak bisa memberikan solusi atas permasalahan tersebut, maka kamu akan di nilai tidak mau memperbaiki skill atas dirimu yang masih kurang baik oleh HRD. Misalnya kamu itu orangnya pelupa, nah atas kekuranganmu tersebut, kamu bisa meminimalisir dan mengatasinya dengan mencatat di memo, di block note ataupun yang lain supaya kamu tidak lupa lagi.

Apakah solusinya gagal atau berhasil?

Apabila kamu sudah memberikan solusi atas kekuranganmu itu, maka langkah selanjutnya adalah kamu harus menjelaskan apakah solusi yang kamu berikan itu berhasil atau gagal. Jikalau berhasil, maka apa hasil yang kamu dapatkan dan apabila gagal, apa yang menyebabkan kegagalan tersebut. Nah, kamu bisa menjelaskannya saat interview.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button