Ini dia tips biar kamu nggak bokek di akhir bulan

Semua orang pasti memiliki masalah keuangan masing-masing. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, masalah keuangan pun tidak bisa kita hindari. Kebanyakan orang suka berhura-hura di akhir bulan karena habis gajian, tetapi di akhir bulan mereka tinggal gigit jari aja. Gimana tipsnya agar kamu nggak bokek tiap akhir bulan?

Tak pandai mengelola gaji tak jarang hanya terasa gaji cuma numpang lewat saja. Terlebih jika gaji ludes untuk membayar cicilan utang, kewajiban sewa rumah, air, telepon, hingga gaya hidup yang konsumtif.

Nah, biar kalian nggak bokek di akhir bulan, ikuti tips berikut yuk!

Kencangkan ikat pinggang

Apa sih maksud dari kencangkan ikat pinggang itu? Apakah kalau kita kencangkan ikat pinggang itu biar celana kita nggak melorot?

Jadi, maksud dari kencangkan ikat pinggang disini tuh kamu harus menahan pengeluaran atau belanjamu supaya tidak berlebihan. Belanja dan bersenang-senang itu boleh-boleh aja ya guys asal nggak berlebihan. Alangkah baiknya jika kamu menyisakan sedikit uangmu untuk ditabung dari pada untuk kamu foya-foyakan.

Cari Penghasilan tambahan

Begitu gajimu sudah mulai menipis, mulailah berpikir untuk mencari penghasilan tambahan. Lalu, gimana sih caranya? Jadi, jika kamu sudah mempunyai pekerjaan tetap, maka tidak haram hukumnya jika kamu mencari pekerjaan tambahan. Kamu bisa mencari pekerjaan tambahan yang sifatnya fleksibel tidak menekan kamu dan tidak menganggu waktu pekerjaan tetapmu, misalnya seperti menjadi seorang freelancer. Freelancer ini bisa berupa menulis artikel, membuat konten ataupun bisnis online.

Atur keuanganmu

Bokek sebelum tanggal gajian itu artinya kamu belum bisa mengelola keuanganmu dengan baik. Lalu, gimana caranya agar bisa mengelola keuangan dengan baik itu? Jadi, kamu bisa mengatur pos-pos keuanganmu agar keuanganmu itu lebih tertata. Misalnya, kamu membuat pos keuangan 40% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk biaya pendidikan, 15% untuk ditabung, 10% untuk diinvestasikan dan 5% untuk kamu sedekahkan. Dengan kamu menyusun pos-pos keuangan seperti ini, maka uangmu tidak akan tercampur-campur dan sifat borosmu pasti akan teratasi.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button