Bermula dari penemuan minyak, ini alasan kenapa Dubai bisa maju

- Jumat, 26 Februari 2021 | 16:00 WIB
25c354a0330e7b0cd0a08852dfb8580f
25c354a0330e7b0cd0a08852dfb8580f


Dubai, salah satu dari tujuh Emirat yang menjadi kota terpadat yang terletak di sepanjang pantai selatan Teluk Persia. Sekarang telah dicap menjadi kota termewah di Timur Tengah yang populasinya didominasi dengan warga asing. Faktanya, hanya 20% warga asli Dubai yang tinggal.
Kemajuan Dubai ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berperan penting dalam pembangunannya. Dari sektor perekonomian dan ikatan bisnis, Dubai membangun banyak properti dan kemajuan-kemajuan lainnya yang jadi alasan kenapa Dubai bisa maju.





Pembangunan properti





Dulu, Dubai merupakan kota yang masih berwujud padang pasir dengan sedikit gedung tinggi di sekitarnya. Namun, saat ini Dubai sudah menjadi kota besar dengan banyak gedung pencakar langit dan perbaikan jalan yang memadai.
Pembangunan kota Dubai yang berproses selama 40 tahun lamanya. Kemajuan ini termasuk proses pembangunan yang tidak lama mengingat negara lain bahkan membutuhkan waktu sekitar 100 tahun.
Dubai dalam pertumbuhannya didukung dari peningkatan ekonomi yang dilakukan oleh Pemerintah pertama UEA, Dewan Eksekutif Abu Dhabi, melalui penggalakkan pengembangan infrastruktur modern dan canggih.
Dubai pun memiliki bangunan yang terkenal di dunia, yakni Burj Khalifa. Bangunan tersebut menjadi pencapaian bersejarah sekaligus ikon bagi Dubai yang bisa meningkatkan citra Dubai dan UEA secara global.





Penemuan minyak





Alasan kenapa Dubai bisa maju karena minyak yang ditemukan di Dubai pada tahun 1950-an. Perkembangannya dimulai oleh Sheikh Rashid bin Saeed Al Maktoum yang mengubah Dubai menjadi kota pelabuhan modern dan pusat perdagangan.
Sejak saat itu, Uni Emirat Arab (UEA) menjadi negara penghasil minyak terbesar di dunia dengan angka produksi mencapai 3 juta barel per hari dengan konsumsi sebesar 4 – 5% dari jumlah produksi.





Ikatan perekonomian






https://www.instagram.com/p/B7OYacAFevM/?igshid=1rqgk5oj28apw
Pelabuhan Rashid. Foto: Instagram




Tak ingin bergantung pada minyak, Dubai memproduksi listrik dari PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dengan harga yang lebih murah dari Indonesia. Tak hanya itu, Dubai juga bekerja sama dengan Korea untuk pembangkit listrik tenaga nuklir.
Dubai menjadi pusat perdagangan terkemuka setelah pembangunan beberapa pelabuhan seperti Pelabuhan Rashid dan Pelabuhan Jebel Ali. Selain itu, Dubai World Trade Center juga turut jadi salah satu pembangunan yang paling berdampak untuk kota tersebut.





Tempat wisata menarik





Di sektor pariwisata, Dubai memiliki Taman Bunga Miracle Garden, Safari Gurun, dan Dinner in the Sky yang menjadi salah satu pendapatan utama. Ada juga IMG Worlds of Adventures, taman hiburan internasional yang bekerja sama dengan Marvel. Ada banyak lagi objek wisata Dubai yang menarik bagi para wisatawan.

Halaman:

Editor: Luthfi Zian Nasifah - Bisnika.com

Tags

Terkini

Kisah sukses king of dessert

Rabu, 29 September 2021 | 19:00 WIB

Cerita kesuksesan di balik Tokopedia

Selasa, 28 September 2021 | 06:00 WIB

Zaskia sungkar belajar bisnis hingga ke Paris

Jumat, 24 September 2021 | 14:30 WIB
X