Perkembangan robot drone swarm untuk membantu pekerjaan manusia

- Minggu, 23 Mei 2021 | 16:38 WIB
photo-1473968512647-3e447244af8f
photo-1473968512647-3e447244af8f


Drone yang ada di masa depan dapat menggantikan kurir ataupun tugas lainnya yang dianggap berbahaya bagi manusia ataupun bisa memudahkan pekerjaan manusia. Sayangnya sebagian besar drone yang ada sekarang belum mampu menghindari berbagai macam hambatan yang datang mendadak. Semua peneliti berusaha sekuat tenaga untuk segera menemukan caranya demi bisa membuat drone otomatis. Perkembangan robot drone memberikan hasil yang baik dalam hal menghindari berbagai macam rintangan.






https://www.youtube.com/watch?v=cAXUKNGpMG4
Drone swarm. Video: Youtube




Perkembangan robot drone sudah di uji menghadapi area dengan banyak rintangan





Untuk menghindari segala macam rintangan diperlukan algoritma komputer yang khusus. Masalah yang lebih kompleks adalah algoritma komputer yang sama tidak bisa digunakan untuk drone dalam jumlah banyak. Ketika digunakan pada drone dalam jumlah yang banyak, maka terjadi adalah kemacetan. Demi menanggulangi masalah tersebut, peneliti memutuskan untuk menggunakan sistem yang baru. Nama dari sistem tersebut adalah model kontrol prediktif.





Sistem akan bisa memperkirakan adanya halangan yang datang secara tiba-tiba berasal dari drone lain. Sistem tersebut membuat drone mampu memutuskan untuk mempercepat dan memperlambat lajunya berdasarkan perkiraan adanya rintangan di sekitarnya. Model tersebut sudah diuji dalam sebuah area yang dibuat mirip dengan kondisi hutan. Diperlihatkan bahwa drone dapat menghindari tabrakan dengan rintangan yang ada sekaligus menghindari kemacetan antara drone yang satu dengan lainnya.





Diharapkan mampu membantu banyak pihak untuk mempergunakannya penyunting kawanan hewan





Harga drone dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Ada banyak masyarakat yang kini bisa membeli drone dan mempergunakannya demi kepentingan mereka. Misalkan saja kepentingan untuk syuting. Hal yang paling menantang adalah membuat syuting bersama dengan hewan tanpa mengganggu mereka. Penemuan ini ditujukan untuk melakukan hal tersebut walaupun memang belum diuji secara langsung berada dalam kawanan seperti burung yang terbang.





Namun dengan adanya perkembangan di bagian penghindaran tabrakan terhadap rintangan serta tidak menunjukkan tanda-tanda kemacetan, merupakan perkembangan yang jauh lebih baik. Sudah dibuktikan juga antara drone yang satu dengan yang lainnya tidak mengalami tabrakan. Besar kemungkinan peran drone ini akan sangat membantu para YouTubers dalam mengambil gambar dari udara juga dalam jumlah yang banyak dan otomatis. Diharapkan dari penemuan model kontrol prediktif pada drone akan semakin melancarkan perusahaan pengiriman jasa di masa depan. Perusahaan sedang berusaha untuk menggantikan peran manusia pengantar agar lebih aman dari paparan bermacam-macam virus juga.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Kisah sukses king of dessert

Rabu, 29 September 2021 | 19:00 WIB

Cerita kesuksesan di balik Tokopedia

Selasa, 28 September 2021 | 06:00 WIB

Zaskia sungkar belajar bisnis hingga ke Paris

Jumat, 24 September 2021 | 14:30 WIB
X