5 Kesalahan pelamar kerja saat membuat CV, sepele tapi fatal

- Rabu, 9 Juni 2021 | 12:00 WIB
Ilustrasi CV. Foto: Pexels
Ilustrasi CV. Foto: Pexels


Bagi kalian yang masih fresh graduate, pasti kalian bingung akan tahapan-tahapan dalam melamar pekerjaan, terutama dalam pembuatan curriculum vitae. Seringkali, pelamar melakukan kesalahan-kesalahan fatal dalam pembuatan curriculum vitae, entah dalam sisi penulisan isinya ataupun struktur penulisan yang kurang rapi. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut merupakan kesalahan pelamar kerja yang cukup fatal :





Tidak membuat desain yang menarik





Pada kenyataannya, pelamar kerja tidak mau ribet untuk membuat curriculum vitae. Mereka lebih memilih untuk membeli curriculum vitae yang dijual di fotocopy-an ataupun di toko alat tulis dari pada membuatnya sendiri. Dengan kamu menggunakan curriculum yang kamu beli di fotocopy-an itu, maka akan membuat HRD tidak tertarik untuk membaca CV-mu.





Jadi, sebisa mungkin kamu usahakan membuat curriculum vitae semenarik mungkin, baik itu untuk isinya maupun covernya. Tetapi, janganlah kamu terlalu membuat desain terlalu alay, seperti banyak gambar maupun warna. Jadi, dalam hal ini membuat CV sewajarnya saja, sesuai dengan yang diminta oleh perusahaan yang akan kamu lamar.









Sering typo atau salah ketik





Kesalahan kecil tetapi membuat fatal salah satunya adalah salah ketik/typo dalam penulisan curriculum vitae. Untuk itu, sebelum curriculum vitae-mu kamu taruh di perusahaan, alangkah baiknya kamu baca terlebih dahulu, apakah terdapat kesalahan dalam penulisan ataupun tidak.





Menuliskan pengalaman yang tidak relevan dengan posisi yang dilamar





-
Curriculum vitae. Foto: Instagram




Janganlah kamu menuliskan pengalaman yang tidak relevan dengan posisi pekerjaan yang akan kamu lamar. Apabila pengalamanmu tidak berkaitan, maka informasi kamu tidak akan ada nilainya di mata HRD. Jadi, alangkah baiknya jika kamu mengumpulkan pengalaman-pengalaman magang yang berkaitan dengan posisi yang ingin kamu lamar nantinya.

Halaman:

Editor: Fatikha Rizqya Nur - Bisnika.com

Tags

Terkini

Kisah sukses king of dessert

Rabu, 29 September 2021 | 19:00 WIB

Cerita kesuksesan di balik Tokopedia

Selasa, 28 September 2021 | 06:00 WIB

Zaskia sungkar belajar bisnis hingga ke Paris

Jumat, 24 September 2021 | 14:30 WIB
X