Cerita kesuksesan di balik Tokopedia

- Selasa, 28 September 2021 | 06:00 WIB


Tokopedia merupakan salah satu marketplace terkenal di Indonesia. Eksistensi Tokopedia pun juga sudah diakui di berbagai negara. Tak disangka, berdirinya Tokopedia sempat diremehkan oleh banyak orang. William Tanuwijaya merupakan sosok di balik pendiri sekaligus CEO Tokopedia yang mendukung kesuksesan Tokopedia hingga sekarang.





Sekilas tentang William Tanuwijaya





-
William Tanuwijaya Founder Tokopedia. Foto: Pinterest




Sebelum menjadi CEO Tokopedia, William Tanuwijaya merupakan salah satu karyawan di salah satu perusahaan selama 10 tahun. Masa kuliahnya juga diisi dengan beberapa pekerjaan sampingan seperti menjaga warung internet (warnet). Selain itu William Tanuwijaya sempat bekerja pada forum jual beli pada tahun 2007. Forum tersebut juga mendapat berbagai komplain karena transaksi penipuan.





Melihat peluang keresahan masyarakat, William Tanuwijaya pun berinovasi untuk membuat salah satu marketplace yang melakukan kegiatan jual – beli. William Tanuwijaya pun sudah melakukan riset bahwa kebanyakan masyarakat Indonesia memiliki usaha sampingan dan disitulah awal berdirinya Tokopedia.





Kiprah sebelum kesuksesan Tokopedia





Tokopedia pun awalnya memiliki kesulitan dalam mencari investor. Hal ini dikarenakan William Tanuwijaya tidak memiliki latar belakang pendidikan dan keluarga yang menjalankan bisnis. Hal tersebut membuat banyak investor ragu akan ide dari William Tanuwijaya. Selama 2 tahun, akhirnya William Tanuwijaya mendapatkan investor yaitu dari bosnya sendiri. Meski nominalnya bisa dibilang relatif sedikit, akan tetapi ia berusaha untuk memutar otak dengan modal yang dimilikinya.





Saat awal berdirinya Tokopedia, 90 persen saham di Tokopedia dimiliki oleh investor lokal, dimana sulit sekali untuk menyakinkan para investor untuk menyuntikkan dana. William Tanuwijaya menuturkan bahwa ada 2 perusahaan besar berinvestasi dan mempercayakan modalnya di Tokopedia yaitu Softbank dan Sequoia dengan memberikan suntikan dana sebesar 1,2 triliun rupiah.

Halaman:

Editor: Lisdiana Safitri

Tags

Terkini

Kisah sukses king of dessert

Rabu, 29 September 2021 | 19:00 WIB

Cerita kesuksesan di balik Tokopedia

Selasa, 28 September 2021 | 06:00 WIB

Zaskia sungkar belajar bisnis hingga ke Paris

Jumat, 24 September 2021 | 14:30 WIB
X