Sejarah Sampoerna Grup, perusahaan berkapitalisasi pasar terbesar KE-10 di BEI

- Selasa, 28 September 2021 | 22:15 WIB
img-about1
img-about1


Perusahaan rokok HM Sampoerna yang merupakan salah satu bagian dari Sampoerna Grup saat ini menjadi salah satu perusahaan rokok dengan kapitalisasi pasar saham yang cukup besar di BEI. Dikutip dari data BEI, per  20 Agustus 2021 nilai kapitalisasi pasar saham PT HM Sampoerna Tbk adalah Rp 111 triliun. Dengan posisi perusahaan berkapitalisasi pasar terbesar KE-10 di BEI. Bagaimanakah sejarah Sampoerna Grup hingga saat ini?





Berjayanya perusahaan rokok HM Sampoerna saat ini tidak lepas dar perjuangan pendirinya, Lim Seeng Tee pria berdarah Tionghoa yang berdomisili di Surabaya. Meski saat ini pemegang saham mayoritas perusahaan adalah Philip Morris International dengan nilai saham 92,5% namun peran Lim Seeng Tee dalam mendirikan perusahaan ini akan selalu terkenang.





Mau tahu bagaimana kisah Lim Seeng Tee sebagai tonggak awal sejarah Sampoerna Grup di Indonesia? Simak kisahnya dalam artikel dibawah ini!





Menjadi sosok mandiri sejak kecil





-
Lim Seeng Tee dan istri. Foto: Serumpi




Kesuksesan Lim Seeng Tee sebagai pendiri perusahaan rokok Sampoerna tidak lepas dari perjuangannya sedari kecil. Ia yang sejak kecil telah ditinggal meninggal ibu dan ayahnya hidup bersama keluarga angkatnya di Bojonegoro. Kehidupannya berama keluarga baru sangat terbatas dan sederhana. Meski begitu, dari sini lah ia belajar banyak tentang ilmu dasar berdagang.





Lim kecil yang kala itu baru berusia 11 tahun mulai hidup mandiri dengan berjualan asongan di gerbong kereta jurusan Jakarta-Surabaya. Setelah tabungannya terkumpul, ia pun membeli sepeda bekas sebagai alat transportasi untuk berdagang.

Halaman:

Editor: Dewi Ulfah Anggreini - Bisnika.com

Tags

Terkini

Kisah sukses king of dessert

Rabu, 29 September 2021 | 19:00 WIB

Cerita kesuksesan di balik Tokopedia

Selasa, 28 September 2021 | 06:00 WIB

Zaskia sungkar belajar bisnis hingga ke Paris

Jumat, 24 September 2021 | 14:30 WIB
X