Interview online, ini hal yang harus kamu siapkan

Masa pandemi seperti ini, banyak kegiatan yang tak bisa dilakukan secara langsung. Dunia maya pun jadi pilihan. Termasuk dalam wawancara kerja, interview online.

dilaksanakan secara online, entah itu dalam ruang lingkup pendidikan, bisnis, terutama dalam hal pekerjaan. Kebanyakan para pekerja di rumahkan dan di beri tugas untuk melaksanakan Work From Home (WFH) agar bisa bekerja lebih aman dan sehat.

Apalagi dalam masalah perekrutan karyawan yang saat ini dalam perekrutan pun dilakukan secara online. Sehingga, mau tidak mau proses seleksi tes tertulis dan wawancara kerja pun dilakukan secara online. Yang paling ditakut-takuti oleh para pelamar ini adalah proses seleksi interview via Zoom. Nah, agar tidak terjadi masalah saat interview online, kamu bisa mempersiapkan hal-hal berikut.

Pastikan koneksi internetmu

Salah satu permasalahan yang sering terjadi saat interview adalah terkait dengan masalah koneksi internet atau masalah sinyal. Untuk itu, sebelum mulai wawancara online, kamu bisa mencobanya terlebih dahulu, apakah terdapat gangguan sinyal atau tidak. Jika terjadi gangguan sinyal, maka hal ini dapat mengurangi nilaimu karena kamu dianggap kurang serius dalam apply kerja.

Intervie online, wajib menyalakan kamera

Sama seperti halnya dengan interview tatap muka, kamu juga harus menyalakan kameramu agar HRD bisa mengenalmu dan bisa membaca ekspresimu saat menjawab pertanyaan yang nantinya akan dilontarkan. Mematikan kamera saat interview online ini bisa dinilai tidak etis dan kurang serius dalam melakukan interview kerja.

Berpakaian dengan sopan dan formal

Walaupun wawancara dilaksanakan secara online, kamu harus berpakaian dengan sopan dan formal layaknya bertemu langsung. Cara berpakaianmu akan menjadi penilaian HRD dan User tersendiri. Jika kamu ingin dinilai baik, maka usahakan untuk berpakaian sopan dan formal.

Sediakan headset pada interview online

Agar suara dari HRD terdengar jelas saat interview, kamu bisa menggunakan headset yang kamu salurkan di laptop/handphonemu. Penggunaan headset ini akan lebih memfokuskan kamu saat interview online berlangsung. Headset ini juga akan memperjelas suaramu saat kamu menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh HRD.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button