Intip perjalanan Wiliam Tanuwijaya hingga sukses menjadi CEO Tokopedia

Siapa sih yang tidak mengenal Wiliam Tanuwijaya? Si penjaga warnet yang sekarang sukses menjadi CEO Tokopedia.

Kesuksesan yang diraih oleh Wiliam ini tentunya tidak se instan yang kamu fikirkan, melainkan banyak lika-liku yang dihadapi oleh Wiliam selama mendirikan marketplace yang kita kenal, Tokopedia.

Sekarang sukses menjadi CEO Tokopedia, waktu kuliah bekerja untuk membiayai

Dulunya Wiliam adalah seorang mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Bina Nusantara sekaligus penjaga warnet. Wiliam bekerja paruh waktu  dengan menjadi seorang penjaga warnet dikarenakan dia butuh uang untuk membayar biaya kuliahnya. Wiliam ingin meringankan beban orang tuanya dengan cara membayar biaya kuliahnya sendiri dengan alasan pada waktu itu ayah dari Wiliam divonis mengidap kanker. Dengan kondisi yang serba kepepet seperti itu, Wiliam mau tidak mau harus bekerja demi bisa lanjut studinya.

Hari demi hari pun berganti, Wiliam pun sudah lulus kuliah dan setelah kuliah ia bekerja di perusahaan sebagai software developer. Nah dari pekerjaannya yang seperti itu, Wiliam berfikiran dan mempunyai keinginan untuk mendirikan website jual beli online. Dan mimpi itu pada akhirnya terlaksana. Wiliam mendirikan website jual beli online dengan nama Tokopedia dan resmi didirikan pada 6 Februari 2009.

Dukungan bagi Tokopedia

Dalam proses pendirian website ini, Wiliam mengajak temannya yaitu Leontinus Alpha Edison. Banyak rintangan yang dihadapi oleh Wiliam dalam merintis Tokopedia ini, salah satunya dalam hal modal. Sudah dalam waktu 2 tahun, Tokopedia ini belum mendapat sokongan modal dikarenakan para investor ragu akan prospek Tokopedia ini. Tetapi, dengan kerja keras dari Wiliam untuk mengembangkan Tokopedia, akhirnya tidak lama kemudian Tokopedia mendapatkan sokongan modal dari berbagai perusahaan. Misalnya seperti East ventures (2010), Softbank dan Sequoia Capital di tahun 2014 hingga Alibaba di tahun 2017.

Tidak puas sampai disitu, Wiliam pun terus mengembangkan website Tokopedia ini dengan cara melakukan inovasi. Selain itu, Wiliam juga mendengarkan feedback dari customer-nya, agar Wiliam bisa membuat kinerja dari Tokopedia ini lebih baik dari sebelumya. Dengan hasil kerja kerasnya dalam mengembangkan bisnisnya itu, di tahun ini Tokopedia  menjadi salah satu marketplace nomor 1 di Indonesia dan telah mengalahkan Shopee.

Dengan pesatnya perkembangan Tokopedia ini, Wiliam pun menempati urutan 148 dari 150 orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan mencaai USD 130 juta atau setara dengan 1,87 triliun.

Demikian kisah Wiliam Tanuwijaya sukses menjadi CEO Tokopedia. Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button