Investasi dana pendidikan, 4 investasi ini bisa jadi pilihan!

Dana pendidikan anak di masa depan seringkali menjadi hambatan bagi orang tua. Ya, pendidikan memang tidak murah. Dan untuk kalangan menengah perlu effort lebih untuk mengumpulkan dana pendidikan utamanya di jalur pendidikan yang terbaik. Untuk mendapatkan dana ini sebenarnya kita bisa melakukan investasi dana pendidikan melalui beberapa jenis investasi.

Mengapa harus investasi? Karena return yang diberikan investasi lebih besar dibandingkan return melalui tabungan berjangka. Belum lagi terpotong biaya administrasi bulanan dan nilai inflasi yang jika dihitung-hitung cukup besar juga.

Berikut adalah beberapa rekomendasi investasi dana pendidikan yang mungkin cocok dengan gaya investasi dan target return yang kamu inginkan.

Saham atau crypto

Langkah memaksimalkan keuntungan investasi
Investasi saham. Foto: Pinterest

Untuk kamu yang lebih pro, investasi di pasar saham dan crypto adalah salah satu pilihan yang menjanjikan. Dengan tingkat keuntungan yang cukup tinggi bergantung pada jenis saham yang kamu miliki.

Tapi, akan lebih baik jika kamu menggunakan uang dingin untuk investasi ini karena tingkat resiko yang cukup tinggi. Alih-alih untung besar, kamu bahkan beresiko mengalami kerugian yang cukup tinggi.

Investasi properti

Sektor properti masih lesu
Investasi properti. Foto: Pinterest

Properti menjadi salah satu investasi yang cara mengumpulkan dana pendidikan yang cukup menjanjikan. Jika kamu memiliki sejumlah dana yang cukup besar, mungkin kamu bisa menggunakannya untuk membeli rumah, ruko, tanah, atau apartemen.

Apakah harus disewakan? Akan lebih menguntungkan jika kamu menyewakannya. Tapi jika tidak pun, secara perhitungan kamu tetap mendapatkan keuntungan. Pasalnya, harga properti per tahunnya selalu mengalami kenaikan sebesar 10-15 persen. Jika kamu beruntung, mungkin keuntungan bisa mencapai 20 persen per tahun.

Namun perlu diperhatikan bahwa untuk mendapatkan kembali dana investasi ini membutuhkan waktu yang cukup panjang. Properti tidak cukup mudah terjual. Jadi, jauh-jauh hari sebelum kebutuhan pendidikan mendesak, kamu harus mencoba menjualnya.

Deposito

Deposito berjangka menjadi salah satu pilihan investasi dengan return dan resiko yang cukup rendah, sekitar 4-7 persen per tahun. Sesuaikan jangka waktu dengan kebutuhan, dan kamu bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi daripada meletakkan dana di tabungan.

Jumlah return ini belum terpotong dana pajak dan lain-lain. Jadi, sebenarnya return deposito tidak cukup besar. Untuk mengakalinya, kamu bisa meletakkan dana dengan jumlah yang cukup besar agar return yang kamu dapatkan juga cukup besar.

Emas

Investasi emas sangat cocok digunakan sebagai investasi jangka panjang 5 hingga 10 tahun kemudian. Kamu bisa menggunakan emas perhiasan, emas antam, atau tabungan emas online agar lebih aman dan terhindar dari pencurian.

Emas merupakan investasi yang dalam jangka panjangnya selalu naik. Dengan tingkat keuntungan mencapai 10-12 persen per tahun. Emas juga memiliki sifat liquid sehingga mudah dicairkan dan tahan terhadap inflasi.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button