Menjadi konsumen sekaligus pemilik bisnis

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 13:00 WIB


Apakah anda sering bertransaksi dengan kartu debit Bank Central Asia (BBCA) atau Bank Rakyat Indonesia (BBRI)? Atau biasa belanja ke Alfamart (AMRT)? Secara tidak sadar, sebenarnya kamu tidak hanya bisa menjadi konsumen aktif, kamu bisa memiliki saham perusahaannya, kamu bisa menjadi pemilik bisnis. Ada banyak produk perusahaan yang bisa kita miliki sahamnya, bahkan produk – produk yang biasa kita pakai dari mulai bangun tidur sampai kita tidur lagi.





Konsumen pemilik bisnis juga!





-
BRI. Foto: Pinterest




Saat ini perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) lebih dari 500 perusahaan dari berbagai sektor yang kita bisa miliki bisnis perusahaannya. Terdapat sembilan sektor bisnis yang terdapat di pasar modal. Seperti contoh perusahaan di sektor keuangan yang terdiri dari perusahaan yang menyediakan jasa keuangan kepada nasabah komersial maupun retail termasuk perusahaan investasi, perbankan, dan asuransi.





Jasa keuangan dan properti





Perusahaan tersebut meliputi PT. Bank Central Asia Tbk (BBCA); PT. Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT. Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), dan masih banyak lagi. Sedangkan ada sektor properti, di mana perusahaan tersebut merupakan salah satu yang bergerak di bidang pembangunan infrastruktur. Misalnya PT. Waskita Karya Tbk (WSKT), PT. Wijaya Karya Tbk (WIKA) , dan masih banyak lagi.





Infrastruktur, utilitas, dan transportasi





Adapun beberapa perusahaan yang bergerak di sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang meliputi energi, jalan tol, pelabuhan, bandara, dan sejenisnya. Contoh perusahaan yang bergerak di sektor ini meliputi PT. Telkom Indonesia Tbk (TLKM). Kemudian sektor perdagangan di mana perusahaan tersebut bergerak di bidang perdagangan, jasa, maupun investasi yang meliputi barang dan jasa maupun kesehatan.





Pengolahan bahan mentah menjadi bahan jadi





Sektor selanjutnya yaitu perusahaan yang bergerak dalam pengelolaan dari barang mentah atau bahan baku menjadi barang jadi. Seperti otomotif, elektronik, dan garmen. Adapun contoh perusahaan yang bergerak di sektor aneka industri yaitu PT. Astra International Tbk (ASII). Sektor industri dasar dan kimia merupakan sektor yang berfokus pada pengelolaan bahan baku menjadi bahan mentah atau setengah jadi seperti logam, semen, maupu keramik.

Halaman:

Editor: Lisdiana Safitri

Tags

Terkini

Jangan sepelekan biaya kelola reksa dana

Senin, 15 November 2021 | 16:18 WIB

Tips investasi properti, simak dulu sebelum mulai

Rabu, 6 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Pertumbuhan saham di BEI

Selasa, 5 Oktober 2021 | 20:00 WIB

Saham MDKA melonjak hingga 14 persen dalam sehari

Selasa, 5 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Mau buka rekening efek? Yuk simak caranya!

Selasa, 5 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Tips dalam memilih sekuritas

Selasa, 5 Oktober 2021 | 15:30 WIB

Menjadi konsumen sekaligus pemilik bisnis

Selasa, 5 Oktober 2021 | 13:00 WIB

Kriteria saham undervalue

Selasa, 5 Oktober 2021 | 12:00 WIB

Saham “supermarket”

Selasa, 5 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Pasar modal emang legal?

Selasa, 5 Oktober 2021 | 10:00 WIB

Mengenal arti buy back saham

Selasa, 5 Oktober 2021 | 07:00 WIB

Cara mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

Senin, 4 Oktober 2021 | 20:00 WIB
X