Jangan anggap kecil mobil listrik mungil Wuling, punya senjata mematikan

Kendaraan elektrifikasi yang tengah menjadi langkah percepatan yang dilakukan pemerintah. Turut diamini produsen Wuling yang mulai menyebarkan virus GSEV, yakni platform mobil listrik yang siap digunakan untuk produksi globalnya.

Bagi awam memang platform GSEV atau dikenal dengan global small electric vehicle, di aplikasikan pada deretan mobil mungil yang dipajang selama pameran GIIAS 2021 berlangsung.

Han Dehong, Vice President of Wuling Motors menjelaskan, “Pengenalan GSEV oleh Wuling di GIIAS 2021 merupakan langkah nyata komitmen kami untuk mendukung program pemerintah Indonesia dalam hal percepatan elektrifikasi kendaraan. Inisiatif ini merupakan bentuk keseriusan Wuling di industri otomotif, serta mengambil peran dengan turut serta menghadirkan kendaraan listrik bagi konsumen Indonesia dalam waktu dekat.”

Mobil listrik Wuling
Mobil listrik Wuling foto: Hops

Berdasarkan data dari berbagai sumber, platform GSEV saat ini menjadi andalan yang ditawarkan Wuling untuk bersaing dengan mobil listrik lainnya di pasaran. Bahkan dari model yang telah diproduksi secara massal, mobil listrik asal Tiongkok ini telah muncul versi produksi dan dipasarkan di banyak negara.

Dari platform GSEV sudah ada sekira enam model mobil listrik diantaranya E100, E200, Hongguang Mini EV, Hongguang Mini Macaron, KiWi EV dan Nano EV.

Bergerak dari titik tersebut, Wuling menciptakan platform mobil listriknya, GSEV beserta dengan ekosistemnya yang hingga kini telah dipasarkan kepada konsumen di Tiongkok.

Wuling siap gempur pasar mobil listrik Indonesia melalui teknologi Wuling GSEV. Foto: Hops.id/Mufrod. Foto:
Wuling siap gempur pasar mobil listrik Indonesia melalui teknologi Wuling GSEV. Foto: Hops.id/Mufrod. Foto:

Platform EV ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, memiliki ukuran yang kecil namun lapang, dengan dukungan beragam fitur dan aspek keselamatan, dan juga teknologi modern.

Saat ini, Wuling memiliki beberapa produk berbasis GSEV yang telah terjual lebih dari 650.000 unit di Tiongkok, bahkan dinobatkan sebagai The Champion of China’s New Energy Sales selama 14 bulan berturut-turut. Respon yang sangat baik terhadap produk ini menunjukkan bahwa GSEV tidak hanya menjadi mobilitas yang modern, tetapi juga sarana untuk mengekspresikan diri.

Keunggulan GSEV platform kendaraan listrik Wuling

Terdapat dua keunggulan GSEV dijadikan sebagai produk global kendaraan listrik yang dipasarkan secara luas di luar Tiongkok. Aspek pertama dari GSEV memiliki  dimensi compact dan nyaman. Berkat ukurannya yang kecil, platform GSEV menjadi mudah untuk parkir. Akan tetapi hal itu tidak mengurangi kelegaan kabin yang disajikan. Tercatat ada dua konfigurasi bangku yang bisa diaplikasikan yakni dua bangku ataupun empat bangku.

Aspek keduanya ialah cocok untuk pengunaan sehari hari. Platform ini turut mengedepankan kemudahan dalam pemakaiannya. Hal tersebut dibuktikan dengan kemampuan jarak tempuh mulai dari 120km sampai dengan 300km serta dukungan pengisian baterai yang mudah dan didukung fasilitas fast charging.

Wuling sendiri telah memiliki standarisasi komponen utama khusus untuk platform GSEV yang terdiri dari desain sistem dan sel baterai, motor listrik, dan sistem control electronic. Adapun komponen utama pada GSEV ini dapat disesuaikan dengan profil dan preferensi konsumen yang beragam di pasar kendaraan listrik secara global.

Mobil listrik Wuling
Mobil listrik Wuling Foto: Hops

Berbagai fitur pintar juga melengkapi platform ini seperti Internet of Vehicle (IoV), ADAS, Automatic Parking, hingga fitur Multimedia dengan dukungan Voice Command. Aspek keselamatan berkendara turut menjadi pilar penting GSEV dengan dukungan rangka baja pada bodi yang kuat dan kantung udara. Selain itu, baterai GSEV dijamin keamanannya melalui pengujian ketahanan tinggi, berstandar IP68 waterproof dan dilengkapi Smart Battery Management System.

Saat ini, Wuling memiliki beberapa produk berbasis GSEV yang telah terjual lebih dari 650.000 unit di Tiongkok, bahkan dinobatkan sebagai The Champion of China’s New Energy Sales selama 14 bulan berturut-turut. Respon yang sangat baik terhadap produk ini menunjukkan bahwa GSEV tidak hanya menjadi mobilitas yang modern, tetapi juga sarana untuk mengekspresikan diri.

Perkenalan platform GSEV tersebut ditandai dengan pembukaan kain selubung pada saat kunjungan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Dr. Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A, M.M.T, IPU, beserta Menteri Perindustrian, Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si dalam kegiatan government visit di booth Wuling yang digelar setelah opening ceremony GIIAS 2021.

Mobil listrik Wuling
Mobil listrik Wuling Foto: Hops

“Keberhasilan platform Wuling GSEV di negara asalnya serta permintaan dari pasar global telah memotivasi Wuling untuk menghadirkan produk listriknya dan berpartisipasi dalam pengembangan ekosistem EV di Indonesia. Hal ini didasari oleh semangat ‘Drive For A Better Life’ yang mendorong Wuling, sebagai salah satu produsen otomotif global di Indonesia, mengambil bagian dalam industri kendaraan ramah lingkungan,” tambah Han Dehong.

Persiapan Wuling menghadapi era elektrifikasi kendaraan di Indonesia sudah dimulai dari 2018 dengan menghadirkan produk EV pertama di berbagai pameran otomotif. Di GIIAS 2021, Wuling menunjukkan kesiapannya terhadap ekosistem EV di Indonesia dengan juga memamerkan dua produk berbasis platform GSEV.

“Saat ini kami sedang dalam tahap akhir persiapan memasuki era kendaraan listrik di Indonesia. Dalam waktu dekat, kami akan meluncurkan produk generasi berikutnya dengan platform GSEV. Mobil listrik ini tidak hanya akan dijual di Indonesia tetapi juga diproduksi di Tanah Air,” tutup Han Dehong.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button