Jangan berinvestasi sebelum kamu mempunyai hal ini!

Masih banyak masyarakat yang langsung terjun ke dunia investasi tetapi mereka masih belum memahami tentang basic financial planning. Ini yang mesti kita perhatikan dulu, agar jangan berinvestasi sebelum memilikinya.

Apa sih basic financial planning itu? Basic financial planning merupakan daftar prioritas keuangan yang harus kamu miliki terlebih dahulu yang menandakan bahwa keuanganmu itu benar-benar sehat.

Paling tidak, ada 4 basic financial planning yang wajib kamu miliki sebelum kamu memulai investasi. Lalu, apa saja sih 4 basic financial planning itu?

Cashflow yang sehat

Kalian masih ingat dengan pepatah “jangan lebih besar pasak daripada tiang” tidak? Jadi, sama seperti halnya dengan pepatah tersebut, dalam berinvestasi pun juga begitu, khususnya dalam penghasilan dan pengeluaranmu.

Jadi, kamu harus mengatur penghasilan dan pengeluaranmu agar pengeluaranmu itu tidak lebih besar dari penghasilanmu. Apabila pengeluaranmu lebih besar dari pada penghasilan, maka akan menandakan bahwa keuangan kamu kurang sehat. Kamu harus mencari sumber penghasilan lain dan mulailah berhemat agar pengeluaranmu tidak lebih besar dari penghasilanmu.

Memiliki dana darurat

Miliki dana darurat dengan jumlah yang ideal yaitu antara 3-6 kali dari total pengeluaran bulananmu. Kamu bisa menyimpan dana daruratmu di tabungan ataupun instrumen yang likuid, agar suatu saat nanti jika kamu membutuhkan dana darurat itu bisa segera cair.

Proteksi/Asuransi

Asuransi kesehatan wajib dimiliki karena risiko sakit bisa mendatangi siapa saja. Selain itu, asuransi jiwa juga wajib dimiliki oleh para pencai nafkah utama dalam keluarga. Jadi, dengan adanya proteksi/asuransi ini, hidup kamu akan lebih terjamin ke depannya.

Pengelolaan utang

Rasio cicilan utang yang ideal itu maksimal adalah 35% dari penghasilanmu. Jadi, jika kamu belum mampu membeli sesuatu, kamu harus menahannya terlebih dahulu dan kamu bisa menunggunya sampai kamu mampu. Janganlah untuk memaksa dirimu berhutang untuk membeli sesuatu.

Jadi itulah sebabnya jangan berinvestasi sebelum yakin Basic financial planning-mu dulu, ya. Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button