Jangan dulu borong kripto, bengar dulu saran perencana keuangan berikut

Beberapa bulan belakangan tren investasi saham sempat bergeser menjadi tren investasi kripto. Akibatnya, banyak investor yang berpindah dari investasi saham ke produk uang digital seperti BNB, bitcoin, doge, dan masih banyak lagi.

Hingga akhirnya banyaknya isu negatif membuat kripto goyang. Aset kripto mulai koreksi beberapa waktu dan berakhir pada masuknya kripto ke tren bearish. Yakni tren penurunan harga yang entah kapan berakhirnya.

Sayangnya, banyak pemula yang menanggap penurunan harga ini sebagai diskon, sehingga mulai memborong kripto dalam jumlah banyak tanpa melakukan analisis. Jangan dulu borong kripto. Sebelum melakukannya, yuk simak saran perencana keuangan yang dikutip dari laman CNBC dibawah ini!

Investasi mata uang kripto. Foto: Pinterest

Resiko kripto tinggi, investor perlu berhati-hati

Jangan dulu borong kripto. Sebelum memutuskan langkah lebih jauh terhadap investasi ini, mari simak saran perencana keuangan Aidil Akbar Madjid ini.

Menurut Aidil Akbar Madjid, investasi kripto merupakan instrumen investasi yang dinilai lebih maju ketimbang instrumen investasi lainnya. Meski menawarkan keuntungan yang lumayan, risiko yang harus ditanggung juga sangat tinggi. Bahkan resikonya lebih tinggi dari saham.

Karena itulah pemula sangat tidak disarankan untuk melakukan investasi dalam ranah crypto. Sebaiknya pemula cobalah bermain di reksadana atau saham. Setelah meningkatkan kemampuan dan mampu menahan risiko investasi yang lebih besar, investor baru bisa beralih ke kripto.

Jangan dulu borong kripto, masih tren bearish, tunggu masuk uptrend

Trend bearish. Foto: Pinterest

Sebelum masuk ke kripto lagi, jangan lupa untuk selalu melakukan analisis. Bahkan sebenarnya bermain dalam ranah investasi kripto, analisis tidak bisa menjamin kebenaran perkiraan.

Terlebih kripto merupakan instrumen investasi yang cukup sensitif terhadap isu atau berita. Sedikit saja isu menjatuhkan kripto, maka harga akan cukup terbanting. Sebaliknya, sedikit saja ada isu baik tentangnya, harga akan melambung tinggi dan membuat investor untung banyak.

Sama hal nya dengan saham, tren bearish dianggap bukan waktu yang tepat untuk berinvestasi. Mungkin kamu menganggap membeli kripto saat itu bisa membuat keuntunganmu lebih banyak saat harga naik nanti. Tapi bagaimana jika tidak naik? Bagaimana jika harga semakin turun?

Inilah pentingnya kamu mengetahui kapan titik mantulnya harga. Dengan analisis teknikal, kamu dapat memperkirakan pola apa yang terbentuk dan kapan titik up trend akan mulai terbentuk.

Disaat itulah kamu bisa mulai menyicil pembelian dan mulai menambah investasi kripto. Cukup menguntungkan bukan?

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button